ITS Ingin Tingkatkan Kerja Sama Bidang Maritim

     Surabaya, jurnalsumatra.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menginginkan adanya peningkatan kerja sama di bidang maritim dengan perguruan tinggi Jepang dalam kegiatan “4th Joint Working Group” (JWG) Indonesia-Jepang di Surabaya, 23-25 Oktober.
Rektor ITS Prof Joni Hermana di Surabaya, Rabu mengatakan pihaknya memang sengaja membidik kerja sama yang sesuai dengan kempotensi mereka yakni bidang maritim, energi, lingkungan, nano teknologi dan material.
“Jadi aspek itu saja yang coba kami kembangkan dengan perguruan tinggi jepang,” kata dia.
Dirinya mengungkapkan, sudah ada beberapa universitas di Jepang yang telah bekerja sama dengan ITS antara lain Hiroshima, Kyoto dan Tokyo University. “Kerja sama ini sudah terjalin. Kalau bicara tentang publikasi ITS kami nomor lima di Indonesia, melonjak 300 persen dari biasanya. Sebagian publikasi hasil dari kerja sama dengan unniversitas Jepang,” kata dia.
Kerja sama itu, lanjut Joni, banyak membantu dalam hal internasional publikasi. Kerja sama itu memang azasnya adalah kemitraan, yakni sama-sama selevel.
Joni mengakui, peralatan di laboratorium ITS sebagian sudah ketinggalan zaman karena mendapatkan sejak Asian Development Bank  (ADB) yang ke-2 tahun 2000. Untuk menggunakan peralatan yang canggih, ITS belum mampu mengadakan karena butuh biaya yang besar.
“Karena itu strateginya berkolaborasi dengan universitas asing, dengan Jepang, Malaysia untuk memakai peralatan mereka,” ujarnya.
Dengan kondisi itu ITS tetap bisa beradaptasi dengan perlatan dan teknologi yang terbaru. Joni juga menegaskan bahwa pihak asing pun juga mendapat benefit, pasalnya ketika ITS publikasi nama mereka ikut dicantumkan.
“Makanya ketika kami menganalisa dari 700 publikasi yang terindeks scopus, fokusnya adalah sebagain besar kerja sama dengan Jepang. Jadi kami sangat senang sekali,” tuturnya.(anjas)

Leave a Reply