Jajaran Korem Garuda Dempo Latihan Antisipasi Kebakaran Hutan

Palembang, jurnalsumatra.com – Jajaran Korem 044/Garuda Dempo melaksanakan latihan antisipasi penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

  Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Rabu, mengatakan latihan Posko I yang dipusatkan di Kodim 0401/Musi Banyuasin itu, merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan melatih dan meningkatkan kekompakan.

  Selain itu, menyiapkan dan melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

  Oleh karena itu, kata dia, kegiatan itu menuntut konsekuensi dari komandan kodim beserta para perwira dan staf selaku aparat pembina kewilayahan untuk mampu merencanakan dan menyelenggarakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah secara profesional dan proporsional.

  “Jadi konsekuensi aparat teritorial harus memiliki tingkat kesiapan dan profesionalisme yang tinggi agar mampu mengoordinasikan kegiatan operasi bantuan kepada pemerintah kabupaten,” katanya.

  Dalam rangka meningkatkan kemampuan tersebut, katanya, dilaksanakan Latihan Posko I Kodim 0401/Musi Banyuasin untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan komandan dan staf kodim serta instansi yang terkait lainnya.

  Ia juga memerintahkan Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm M. Saifudin Khoiruzzamani agar selalu waspada serta melaksanakan latihan di medan yang sebenarnya, agar personel benar-benar memahami tugas yang diemban.

  “Saya berharap Kodim 0401/Muba dan pihak terkait dapat saling bekerja sama dalam menanggulangi setiap bencana yang terjadi di Kabupaten Musi Banyuasin”, ujar dia.

  Danrem Septiono meminta peserta mengikuti latihan sesuai metode latihan Posko I dengan baik dan benar.

  Peserta latihan juga harus manfaatkan waktu kegiatan itu dengan baik untuk menambah pengetahuan dan kemampuan.

  Pelaksanaan latihan Posko I itu selama tiga hari dengan tema “Kodim 0401/Muba melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin”.(anjas)