Jakabaring Sport City Layak Disejajarkan Disney Land

    Palembang, jurnalsumatra.com – Kawasan Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan memiliki keunggulan karena nantinya akan berinfrastruktur kelas dunia sehingga layak disejajarkan dengan tempat-tempat lain di dunia seperti taman rekreasi Disney Land.
Ketua DPP Real Estate Indonesia Soelaeman Soemawinata di Palembang, Kamis, mengatakan, konsep JSC ini sama persis seperti yang ditawarkan Disney Land di sejumlah negara karena pengunjung setibanya di bandara akan langsung naik kereta api menuju lokasi.
“Ini baru satu-satunya di Indonesia, dari bandara langsung menuju Jakabaring naik LRT (kereta api dalam kota). Inilah konsep infrastruktur kelas dunia,” kata Soelaeman.
Menurutnya, konsep ini muncul tak lain karena diawali dengan keberanian dari pemimpin daerah untuk membuka kawasan baru menjadikannya kota mandiri.
Kawasan Jakabaring berada tidak jauh dari pusat kota dioptimalkan untuk menjadi pusat arena olahraga saat PON XVI tahun 2000.

     Kemudian, konsep ini terus dikembangkan oleh pemerintahan berikutnya sehingga muncul Jakabaring Sport City yang memiliki sekitar 20 arena olahraga berstandar internasional.
Lantaran kerap ada kegiatan internasional di JSC maka menumbuhkan kegiatan ekonomi di sekitarnya, bahkan akan bertambah pesat setelah Sumsel menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018 dan MotoGP tahun 2018.
Keberanian membuka kawasan baru ini seharusnya dimiliki oleh daerah-daerah lain karena dengan menjalankannya, maka samahalnya dengan mendistribusikan pertumbuhan ekonomi.
“Saya melihat konsep ini sudah jadi, tinggal dipoles saja,” kata dia.
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan kawasan JSC seluas 360 hektare ini akan terus dikembangkan menjadi kota olahraga, serta tidak menutup kemungkinan dibangun fasilitas pendukung lainnya seperti lapangan golf, hotel, dan mal.
“Sementara ini baru ada 20 venue bertaraf internasional, ke depan bisa berkembang lagi. Yang jelas tahun 2018, Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games dan MotoGP,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply