Jalan Kotawaringin Timur-Kotawaringin Barat Putus

      Sampit,jurnalsumatra.com – Ruas Jalan Jenderal Sudirman yang menghubungkan Kabupaten Kotawaringin Timur-Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng, putus akibat jembatan di jalur itu ambruk.
“Jembatan itu ambruk pada Jumat (29/12) malam. Kejadiannya di kilometer 105, tepatnya di wilayah Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Selunuk, Kabupaten Seruyan,” kata Adi, salah seorang pengguna jalan di Sampit, Sabtu.
Menurut Adi, jembatan berkonstruksi beton itu ambruk akibat bagian bawah jembatan tergerus arus air sungai.
“Arus air sungai cukup deras karena sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan sangat lebat,” katanya.

Lebih lanjut Adi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun ambruknya jembatan itu membuat arus lalu lintas dari Kotawaringin Timur maupun Kotawaringin Barat lumpuh total.
“Sebetulnya ada jalan alternatif, yakni melalui jalan perusahaan sawit. Namun jalan licin, dan bagi yang tidak hafal jalur rawan tersesat,” terangnya.
Bagi pengendara yang tidak hafal jalur alternatif sebagian lebih memilih berbalik arah untuk kembali.
“Jalan ini sebetulnya tidak hanya menghubungkan Kotawaringin Timur-Kotawaringin Barat saja, namun juga menghubungkan Kabupaten Seruyan, Lamandau, Sukamara dan Kalimantan Barat (Kalbar),” ucapnya.
Adi berharap pemerintah provinsi Kalteng untuk segera bertindak dengan memperbaiki jembatan yang ambruk tersebut agar arus lalulintas bisa normal kembali.
“Pemerintah provinsi Kalteng bersama pemerintah kabupaten yang ada di wilayah itu hendaknya menjalin kerja sama, bergotong royong memperbaiki jembatan yang ambruk, begitu juga dengan perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit diharapkan turut membantu perbaikan,” demikian Andi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 4 =