Jalur Poros Desa Beringin Jaya Ambles


Lahat, jurnalsumatra.com – Jalan poros menuju Desa Beringin Jaya, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat mengngalami ambrol. Peristiwa itu terjadi Sabtu (16/2/2019).

Menurut informasi dilapangan diperoleh wartawan jurnalsumatra.com, longsor terjadi kemarin Jum’at (15/2) sekira jam 06.00 WIB pagi hari diduga akibat oleh Hujan dengan Intensitas tinggi hingga mengakibatkan jalan amblas sepanjang 20 meter dan lebar jalan tergerus mencapai 1 meter. Namun, walau jalan curam belum begitu menggangu arus lalu lintas ditempat tersebut.

Sementara, hasil screnshoot postingan Facebook Kepala Desa (Kades) Beringin Jaya beranggapan bahwa longsornya jalan tersebut juga diakibatkan oleh pembuatan parit gajah oleh PT. Perjapin disisi kiri jalan, sehingga saat musim hujan terjadi membuat jalan menjadi longsor.

Masih berdasarkan informasi, atas kejadian tersebut, pihak PT. Perjapin telah melakukan upaya di lokasi dengan cara merestrukturisasi jalan yang longsor dan memperluas jalan disisi kanan dibantu pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Kikim Selatan melakukan pengaturan arus lalu lintas dan memasang police line dilokasi jalan longsor tersebut.

Sementara, Kapolres Lahat AKBP. Ferry Harahap. SIK. Msi saat dikonfirmasi via WhatsApp Kapolsek Kikim Selatan Iptu. Maulana membenarkan ada jalan longsor diarea desa tersebut dikarenakan hujan deras malam jumat. Dan, kejadian ini telah laporkannya kepada Kapolres.

Ketika ditanya, tentang postingan Kades Beringin Jaya yang menyatakan longsor diakibatka oleh PT. Perjabin membuat parit disekitar longsor, Kapolsek tak menyangkal ada bangunan parit gajah dibuat oleh PT. Perjabin.

“Memang benar ada parit gajah beberapa meter dari situ dan pihak perjapin sdh membuat pelebaran jalan tadi pagi dengan anggota kami. Tapk Kalau sebab akibat kita dak pasti soalnya yang longsor atau banjir banyak sih,” imbuhnya.

Sayangnya sampai berita ini diturunkan, belum berhasil terhubung dengan Kades Beringin Jaya, Ibrahim untuk mengkonfirmasi lebih lanjut tentang postingan Facebook miliknya yang menyatakan jalan longsor diakibatkan PT. Perjabin buat parit. (Din)

Leave a Reply