Jamaah Calon Haji Purwakarta Dijemput Mobil Dinas

    Purwakarta, jurnalsumatra.com – Jamaah calon haji Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dijemput mobil dinas pemkab setempat dari rumah masing-masing menuju Batalyon Armed 9/Pasopati Sadang sebagai tempat kumpul untuk pemberangkatan mereka ke Asrama Haji Bekasi.
“Semua kendaraan dinas dikerahkan untuk menjemput jamaah calon haji dari rumahnya masing-masing ke titik kumpul pelepasan pemberangkatan di Markas Batalyon Armed,” kata Penjabat Bupati Purwakarta M. Taufiq Budi Santoso di Purwakarta, Senin.
Pelepasan pemberangkatan jamaah calon haji Purwakarta pada Minggu (22/7) tengah malam. Mereka yang diberangkatkan itu tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 20 berjumlah 410 orang.
Sebanyak 410 calon haji itu berasal dari 17 kecamatan di Kabupaten Purwakarta dengan jarak rumah yang relatif jauh menuju titik kumpul.
Pengerahan mobil dinas milik pemkab untuk menjemput calon haji haji dari rumah masing-masing menjadi tradisi daerah setempat setiap tahun.
Taufik menjelaskan pemkab mempertahankan tradisi penjemputan jamaah calon haji dengan menggunakan mobil dinas, karena hal itu sebagai cukup baik dan membantu kelancaran mereka menuju tempat berkumpul.

     Jumlah kendaraan dinas yang dikerahkan itu lebih dari 200 unit, termasuk kendaraan dinas bupati setempat.
Dedi Sutardi, salah seorang calon haji yang juga Kepala Rombongan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Huda Kecamatan Jatiluhur, menyambut baik langkah Pemkab Purwakarta mengerahkan kendaraan dinas untuk menjemput jamaah calon haji.
Kebijakan itu dinilai dia cukup membantu meringankan biaya tambahan bagi transportasi jamaah calon haji yang akan berangkat dari rumah masing-masing menuju titik kumpul.
Jamaah calon haji dari Purwakarta jumlahnya 736 orang dibagi dalam Kloter 20 dan Kloter 58.
Kepala Kantor Kementerian Agama Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi, mengatakan jamaah calon haji Kloter 20 jumlahnya 410 orang diberangkatkan pada Minggu (22/7) tengah malam. Kloter 58 berjumlah 326 orang berasal dari Purwakarta dan Kabupaten Bandung diberangkatkan pada 3 Agustus 2018.
Sebenarnya, katanya, jatah haji Purwakarta pada musim haji tahun ini 744 orang. Akan tetapi, sampai batas akhir pelunasan, ada sejumlah calon haji yang tidak menyelesaikan pembayaran.
Selain itu, katanya, juga ada yang minta mutasi ke daerah lain sehingga total calon haji Purwakarta tahun ini 736 orang. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 14 =