Jaringan Air Bersih Dijalan Sekayu-Pendopo Sudah Mengalir

Muba, jurnalsumatra.com – Akhirnya Warga Desa Rantau Sialang, Kecamatan Sungai Keruh, Musi Banyuasin (Muba)  memiliki sumber air bersih. Dikarenakan Jaringan Air bersih dijalan Sekayu-Pendopo yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara bertahap dtahun belakangan tadi, kini sudah mulai beroperasi.

Direktur Perusahaan Daerah Air Mimum (PDAM) Tirta Randik Sekayu, Firdaus L Dine ST melalui Kasubag Keuangan & Umum  Makmur mengatakan, kalau Jaringan Air bersih dijalan Sekayu-Pendopo yang dibangun Pemkab Muba sejak tahun 2017 lalu, sekarang telah rampung dan sudah tiba didesa desa Rantau Sialang.

“Jadi jaringan air bersih yang dibangun tahun kemarin itu, sekarang sudah siap dialirkan, bahkan petugas sudah memasang pipa ke rumah rumah warga.”Ujar Makmur kepada Jurnal Sumatra tadi siang.

Lanjutnya, bahwa saat ini didesa Rantau Sialang baru ada 50 orang pelanggan.”untuk saat ini Jaringan baru sebatas desa Rantau Sialang dan rencananya sampai ke desa Gajah Mati. Kemudian secara bertahap kita teruskan ke desa Tebing Bulang, tujuan kami memang ke Kecamatan Sungai Keruh. 

Jadi setelah Jaringan sampai ke desa Tebing Bulang, ketika Danau Kongar yang merupakan sumber air bersih di Kecamatan tersebut mengalami kekeringan, kita bisa mengirim air dari sini.”Ungkapnya.

Dijelaskanya, bahwa jaringan air bersih PDAM Tirta Randik ini akan terus berkembang termasuk ke Desa Rimba Ukur (C5) Kecamatan Sekayu. Selain itu Makmur mengatakan, kalau PDAM sedang merugi, disubsidi trus kabarnya subsidi bakal dilepas beban PDAM.

“Merugi itu memang karena sosial, jadi PDAM itu kalau melayani rumah tangga itu sosial. Sulit untuk balik modal, karena tahu sendiri 1 orang cuma hanya membayar Rp 75.000,- yang bisa Surplus itu seperti Sungai Lilin ada hotel, rumah makan, ruko banyak. 

Jadi harapan kami apabila sudah dipasang mohon jangan ditunda membayar rekening, jangan di tunggakkan apabila di tunggakkan akan tambah berat pelanggan membayar saja masih rugi apalagi tidak membayar.”Imbaunya.

Sementara kepala Desa Rantau Sialang Arwin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Muba dan pihak PDAM Tirta Randik yang telah membangunkan jaringan air bersih ke daerahnya. 

“Selama ini ketika musim kemarau, berbagai upaya dilakukan warga untuk mendapatkan air bersih, membuat sumur mencari ke rawa-rawa dihutan dan lain sebagainya. Jadi mewakili warga saya ucapkan terimah kasih dan bersyukur. Sebab dengan adanya sumber air bersih warga tidak lagi kesulitan.”Ucapnya. (Rafik elyas)