Jaringan Apotek K-24 Serahkan Donasi Lewat PMI DIY

YOGYAKARTA, jurnalsumatra.com – Jaringan Apotek K-24 akan menyerahkan donasi dari pelanggan setiap bulannya kepada masyarakat melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama program donasi Apotek K-24 dengan PMI DIY di Apotek K-24 Gondomanan, Jl. Brigjen Katamso  No. 117 Yogyakarta, Rabu (15/8/2018) siang, antara Direktur Utama Jaringan Apotek  K-24, dr Gideon Hartono, dan Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi, disaksikan mitra PMI.

Melalui program donasi ini Gideon mengajak masyarakat, khususnya pelanggan Apotek K-24, untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan peduli kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Pendiri jaringan apotek K-24, dr Gideon Hartono, mengungkapkan, Apotek K-24 di seluruh wilayah Indonesia secara bertahap akan mengajak seluruh pelanggan untuk melakukan donasi dengan cara mengumpulkan uang kembalian melalui pembulatan ke atas dalam setiap transaksi.

Dengan demikian, selain memperoleh obat asli, masyarakat akan dapat berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan PMI. “Selain uang kembalian, pelanggan juga dapat memberikan donasi tambahan dengan jumlah sesuai keinginan,” tandas GBPH H Prabukusumo.

Ke depan, secara bertahap Apotek K-24 akan menawarkan secara sukarela pembulatan  ke atas untuk didonasikan kepada PMI DIY.

Dan, program donasi ini akan diawali dari 100 gerai, kemudian akan disosialisasikan ke seluruh gerai Apotek K-24. Setiap bulan donasi akan dikirimkan ke PMI DIY.

Setiap tiga bulan, PMI DIY akan memberikan laporan penerimaan donasi dari masing-masing gerai Apotek K-24. Adapun program donasi akan dimulai 1 September 2018.

PMI dipilih sebagai mitra penyaluran donasi dari ApotekK-24 karena peran dan fungsinya sebagai lembaga resmi di bidang sosial kemanusian. “Terutama dalam kepalangmerahan sudah terbukti sangat membantu masyarakat,” papar Gideon di depan Irjen Pol (Purn) Drs. RM Haka Astana, SH selaku Dewan Kehormatan PMI DIY dan AKBP Yulianto SIK, MSc (Kabid Humas Polda DIY).

PMI DIY bukan hanya melayani donor darah, namun juga bantuan penanganan bencana secara nasional.

Sementara itu, disampaikan GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi, Ketua PMI DIY, pihaknya sangat mengapresiasi Apotek K-24. “Dan akan menggunakan dana dari masyarakat tersebut kembali ke masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan tugas PMI,” kata Prabukusumo, yang menambahkan hal itu telah diatur dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan

Yakni, memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata, kerusuhan dan gangguan keamanan lainnya, memberikan pelayanan darah, membantu dalam penanganan musibah dan atau bencana, pemberian pelayanan kesehatan dan sosial serta tugas kemanusiaan lainnya.

Di sisi lain, PMI DIY juga telah mengirimkan 17 personel ke Lombok, membantu penanganan gempa di sana, baik personel yang diminta oleh PMI Pusat seperti bidang psikososial, shelter dan water, sanitation & hygiene (WASH).

“Atau, yang berangkat dengan dana mandiri dari PMI Bantul serta dari relawan unit perguruan tinggi yang ditugaskan oleh kampus yang bersangkutan,” papar Gusti Prabu.

Selain itu, PMI DIY juga membuka donasi bagi masyarakat yang akan membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah gempa di Lombok.

Bantuan bisa disalurkan melalui rekening Bank Mandiri Cab. Sudirman dengan nomor rekening 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY.

Apotek K-24 saat ini telah memiliki lebih dari 450 gerai yang tersebar di 24 provinsi dan 110 kota/kabupaten di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari ujung barat sampai ujung timur dari Medan sampai Merauke, bahkan sampai Rote pulau paling selatan wilayah Indonesia.

Apotek K-24 yang artinya komplit obatnya dan buka 24 jam nonstop — termasuk hari libur — akan terus hadir semakin dekat dengan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, yang masih membutuhkan layanan apotek  beroperasi 24 jam penuh.

Bagi masyarakat yang tidak sempat berkunjung ke Apotek K-24 dapat berkonsultasi dan membeli obat secara online melalui aplikasi K24Klik.

Aplikasikan K24Klik tersedia bagi penguna Android maupun Iphone. Melalui aplikasi K24Klik pembelian obat menjadi lebih mudah dengan beragam pilihan cara pembayaran. “Dan, beli obat tinggal klik obat diantar sampai tujuan,” tambah Burhan Bariton, MarKom PT. K-24 Indonesia, didampingi Ahmad Ali, Staf Pengembangan Sumber Daya (PSD) PMI DIY. (Affan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =