Jasindo: 500 Sapi Di Jambi Terdaftar Asuransi

     Jambi, jurnalsumatra.com – Perseroan Terbatas Jasindo (Persero) Cabang Jambi menyebutkan sebanyak 500 ekor sapi milik para peternak di daerah ini telah terdaftar pada Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), sehingga jika terjadi risiko akan mendapat jaminan.
“Sapi yang terdaftar pada Program AUTS jika terjadi risiko kematian akibat penyakit, kematian sapi akibat kecelakaan dan kehilangan atau pencurian sapi akan mendapat jaminan. Sekarang untuk program ini sudah terealisasi 500 ekor sapi,” kata Kepala Pemasaran PT Jasindo Cabang Jambi Riko Romanto, di Jambi, Senin.
Dia mengatakan usaha peternakan sapi di Indonesia dan khususnya di Jambi memiliki berbagai risiko yang tinggi dan belum mendapat pencegahan dengan baik.
Biasanya ancaman kerugian itu, menurut dia, akibat dari kematian, penyakit, melahirkan, kecelakaan atau kehilangan dari ternak itu sendiri, sehingga supaya peternak tidak merugi diperlukan jaminan asuransi.
“Risiko kematian hewan ternak sapi akan berdampak pada kerugian usaha bagi peternak dan berkurang produksi, sehingga dengan Program AUTS ini peternak lebih tenteram dan bisa memusatkan perhatiannya pada pengelolaan usaha dengan lebih baik,” ujarnya.
Pada tahun 2017 ini, pihak Jasindo sebagai perusahaan asuransi BUMN mendapatkan target sebanyak 2.500 ekor sapi di Provinsi Jambi yang harus diasuransikan.
Sedangkan untuk menjangkau seluruh kelompok ternak di Provinsi Jambi, pihaknya mengaku gencar melakukan sosialisasi ke kabupaten dan kota yang masih belum banyak mendaftar AUTS.
“Kami aktif sosialisasi terus ke masyarakat bahkan sampai ke pelosok dengan menggandeng pemda setempat,” katanya.
Dengan mengikuti Program AUTS ini, kata Riko menjelaskan, peternak cukup membayar premi yang relatif kecil. Peternak pun dapat memindahkan ketidakpastian risiko kerugian yang nilainya besar.
“Peternak sapi dengan mengikuti program ini, artinya ada penggantian ketika terjadi kehilangan atau kematian pada ternak sapi miliknya,” katanya lagi.
Sedangkan dalam program asuransi ternak sapi tersebut, premi yang harus dibayarkan peternak sebesar Rp200.000 per ekor per tahun, dengan nilai pertanggungan sebesar Rp10 juta.
Sementara itu, untuk harga pertanggungan sapi sebesar Rp10 juta per ekor dengan jangka waktu pertanggungan atau polis satu tahun. Masa pendaftarannya dilakukan Januari-Desember 2017 melalui PT Jasindo.
Riko menambahkan, sampai saat ini klaim Program AUTS hingga periode Januari-September 2017 yang sudah dibayarkan kepada peternak sapi telah mencapai Rp100 juta lebih.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 19 =