Jatah PPDB SMPN Di Manado 3.520 Siswa

     Manado, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Manado, menyatakan jatah PPDB bagi SMP negeri di daerah itu, pada Tahun 2018 sebanyak 3.520 siswa.
“Itu adalah kuota siswa baru yang wajib diterima oleh 13 SMP negeri di Manado daratan, di luar Pulau Bunaken karena posisinya yang jauh,” kata Kepala Disdik Manado Deasy Lumowa, melalui Kepala Bidang SMP Yongke Mogontha di Manado, Jumat.
Mogontha mengatakan, jatah tersebut ditetapkan berdasarkan ketentuan dalam Permendikbud 14/2017 dan dipatuhi oleh seluruh lembaga pendidikan, khususnya milik pemerintah, termasuk di Kota Manado.
Dia mengatakan, khusus untuk jumlah rombongan belajar aturannya masih sama seperti Permendikbud Nomor 17/2017, yakni maksimal untuk satu kelas menerima 32 siswa.
Dengan jumlah itu, kata Mogontha, maka diperoleh jatah maksimal daya tampung SMP negeri yang ada di daratan Manado, maksimal 3.520 siswa, karena rombongan belajar sekolah tidak selalu sama, atau tergantung jumlah ruangan yang akan digunakan rombongan belajar.
Menurut Mogontha, jumlah itupun menunjuk kepada para siswa yang berdomisili di sekitar sekolah, yang artinya menggunakan sistem zonasi.

     “Kalau yang punya kemampuan ekonomi menengah ke atas, yang tidak ke sekolah negeri, tentu bisa memilih sekolah swasta sesuai keinginan siswa,” katanya.
Mogontha merinci, untuk SMP Negeri 1 Manado, jumlah rombongan belajar ada 12 maka jatah maksimal siswa yang bisa diterima sebanyak 382 orang, SMP Negeri 2 ada sembilan maksimal 288 orang.
Kemudian untuk SMP Negeri 3 ada 10 rombongan, berarti maksimal siswa yang ditampung sebanyak 320 orang, SMP Negeri IV ada 10 maka daya tampungnya 320 siswa juga.
SMP Negeri V ada enam rombongan belajar, maksimal daya tampung 192 orang, kemudian SMP VI ada tujuh, maka siswa yang ditampung sebanyak 224 orang, SMP VII punya 13 rombongan belajar daya tampung sebanyak 416.
“Untuk SMP Negeri 8 punya 14 rombongan belajar, maka siswa baru yang ditampung sebanyak 448 orang, SMPN 9 punya lima rombongan belajar 160 orang, SMPN 10 ada sembilan daya tampungnya 288 orang, SMPN 11 enam jumlah siswa baru 192 orang,” katanya.
Kemudian untuk SMP 13 ada enam rombongan belajar menampung 192 siswa baru dan SMP Negeri 14 dengan tiga ruangan menampung 96 siswa maksimal.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + six =