Jelajah Sepeda Nusantara Digelar Di Gorontalo Utara

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Iven nasional Jelajah Sepeda Nusantara 2018 yang digelar Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora), berhasil “menjelajah” Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu.
Deputi III Bidang Pembudayaan dan Olah raga Dr Raden Isnanta, mengatakan, kabupaten terluar yang ada di wilayah pesisir utara Provinsi Gorontalo itu, dipilih menjadi salah satu daerah di kabupaten dan kota yang ada di Pulau Sulawesi, dalam rangkaian JSN 2018, yang akan menempuh jarak sepanjang 6.700 kilo meter, mengelilingi Indonesia.
Tidak hanya itu, Gorontalo Utara pun dipilih menjadi daerah pembukaan diawalinya penyenggaraan “Kick Off” Gala Desa 2018 tingkat provinsi.
“Setelah dibuka di Gorontalo Utara sebagai pusat dimulainya Gala Desa 2018 tingkat provinsi, selanjutnya akan diikuti seluruh provinsi di Indonesia,” ujarnya.
Ia mengapresiasi respon positif pemerintah daerah dalam menyukseskan dua iven nasional itu, serta dukungan masyarakat yang begitu tinggi.
Harapannya kata Raden, kegiatan tersebut akan menghidupkan iklim olah raga di daerah khususnya di desa-desa, serta mempromosikan potensi wisata di daerah ke seluruh nusantara.

“Semua akan menyenangi olah raga, akan menjadikannya pemersatu serta diharapkan lahir bibit-bibit olah raga yang unggul dari desa,” ujarnya.
Ia mengatakan, banyak bibit olah raga unggul datang dari desa yang berhasil menjadi atlit nasional bahkan bisa mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.
Tidak terkecuali para atlit sepak takraw dari Gorontalo Utara yang berhasil menasional.
Perhatian khusus dari Kemenpora, dipastikan akan diberikan bagi daerah itu sebab kepeduliannya di bidang olah raga sangat tinggi.
“Banyak pemangku kepentingan yang terlibat aktif menyukseskan iven nasional ini, maka ini adalah kebangkitan olah raga yang sangat positif sehingga interaksi sosial melalui olah raga akan terbangun dengan baik dalam rangka mendukung pembangunan daerah dan bangsa,” ujarnya.
Setelah melalui rangkaian seremonial kegiatan pembukaan Gala Desa dan Jelajah Sepeda Nusantara 2018 khusus etape Saronde itu, para pebalap sepeda nasional, unsur pemerintah pusat dari Kemenpora RI dan pemerintah provinsi serta kabupaten, serta masyarakat, menjelajah 17 kilo meter rute jelajah sepeda nusantara di daerah itu.
Khususnya di kawasan blok plan kantor bupati, sebagai pusat penyelenggaraan kegiatan yang juga dihadiri Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, Kapolda Gorontalo, Bupati Indra Yasin, Wakil Bupati Roni Imran, para anggota DPRD Gorontalo Utara dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 19 =