Jelang Hari Raya Dinas Pertanian Periksa Hewan Kurban

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha yang tinggal beberapa Minggu lagi. Dinas Pertanian Kabupaten Lahat bakal melakukan pemeriksa kesehatan untuk hewan kurban.

Tujuan pemeriksaan untuk hewan kurban yang bakal dilakukan dalam waktu dekat ini, khususnya dalam menjelang pelaksanaan Idul Adha, guna mengantisipasi terhadap penyebaran penyakit pada hewan kurban.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir H Agustia Budiman MM menjelaskan, jelang hari raya Idul Adha, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Hal itu dilakukan, untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban.

“Untuk kelapangan nantinya, kita akan turunkan Tim pemeriksa dari Dinas Pertanian akan melakukan pemeriksa kesehatan terhadap hewan yang bakal menjadi kurban nantinya. Semua itu, untuk memastikan hewan yang dikonsumsi oleh masyarakat aman, dan terlepas dari berbagi penyakit, ” kata Budiman lagi, Selasa (7/8/2018).

Sebab, dikhwatirkan Kadis Pertanian, ada segala penyakit yang tidak menutup kemungkinan ditubuh hewan yang akan dikurbankan oleh masyarakat.

“Selain memeriksa kesehatan hewan hewan kurban tersebut. Pihaknya juga akan melakukan pengecekan terhadap hewan hewan yang bakal dijual di Pasar. Ini mengingat tinggal beberapa hari lagi perayaan Idul Adha, maka pihaknya semakin mengintensifkan pengawasan terhadap hewan kurban,” imbuhnya.

Lanjut, Budiman mengatakan, untuk sasaran nanti hewan yang didagangkan atau diperjual bebas, baik itu pengepul, maupun peternaknya. “Nah, untuk dari peternak sendiri bisa kita lihat mulai dari pemeliharaannya. Disini juga pihaknya akan aktif untuk memberikan himbauan agar masyarakat paham akan hewan yang benar-benar sehat untuk dikurbankan. Kurban harus sehat dan tidak cacat, ” pungkas Budiman. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 15 =