Jelang Idul Fitri Marwan Sidak Pasar

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Plt Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM melakukan Sidak disejumlah pasar Tradisional Lematang, pasar PTM,  serta Hypermart yang berada di Citimall Lahat, Rabu (6/6/2018).

Tujuan dilakukannya sidak ini, untuk memantau stabilitas harga pangan jelang lebaran Idul Fitri 1439 H.  “Kita mengecek ketersediaan pangan dan stabilitasasi harganya jelang lebaran,”kata Marwan yang didampinggi oleh Kapolres Lahat, AKBP Robi Karya Adi SIK, Dandim 0405 Lahat, Letkol Czi Srihartono, Kadisperindag Lahat, Fikriansyah SE MM.

Dalam sidak tersebut, Marwan Mansyur melakukan interaksi dengan para pedagang. Bahkan dirinya pun tidak sungkan menanyai harga kepada para pedagang. “Yang penting harga pangan masih aman, namun ada yang naik, seperti harga daging sapi dan daging ayam,”ujar Marwan.

Plt Bupati Lahat ini secara lantang menegaskan, sidak kali ini selain untuk mengetahui sejauh mana ketersediaan dan perubahan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri, juga untuk memantau peredaran produk yang rusak dan kadaluarsa. Bupati meminta pedagang agar barang yang rusak maupun kadaluarsa jangan sampai diedarkan dan segera dibuang karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sementara, ditambahkan Kadis Pasar Kabupaten Lahat, Fikriansyah SE MM menyampaikan, beberapa macam bahan pokok yang harganya melonja yang masih dikeluhkan masyarakat adalah harga daging sapi dan daging ayam.

“Rasanya, baru dua macam itu yang saat ini harga jualnya sedikit naik.  Seperti daging sapi sekarang harganya Rp 130 ribu per kg. Namun hal ini naiknya memang batas kewajaran saja apalagi jelang Lebaran Idul Fitri, ” ucap Fikriansyah.(Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − six =