Jelang Lebaran Harga Pangan Merangkak Naik

Palembang, jurnalsumatra.com – Gubernur Sumsel H Alex Noerdin bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib melakukan sidak ke beberapa pasar di Kota Palembang yakni Pasar Induk Jakabaring dan Pasar Perumnas, Ahad (10/6/2018). Sidak ini bertujuan untuk meninjau harga barang di pasaran menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Saat meninjau Pasar Induk Jakabaring  , Alex Noerdin mengatakan, dirinya ingin melihat kehidupan disini. Katanya pasar disini dimulai dari pukul 10 malam sampai pagi. Pasar induk ini menjual ikan, sayuran dan buah-buahan. “Ikan, sayur dan buah yang datang kesini bukan hanya dari Pagar Alam atau daerah lain di Sumsel. Tapi ada yang datang dari Padang, kalau bawang dari Brebes. Pasar ini menghidupi warga Palembang 1,8 juta jiwa. Bahkan, ikan disini bisa terjual 30-40 ton perhari. Itu lah sebab wong Palembang pintar-pintar. Terima kasih kepada seluruh pedagang disini,” ucap Alex.

Lebih lanjut Alex mengungkapkan, tahun depan Pemprov Sumsel berencana merehab pasar Induk Jakabaring.

Ketika disinggung harga pangan saat ini, Alex mengakui ada kenaikan harga. Namun tidak begitu signifikan.

Setelah dari Pasar Induk Jakabaring, Alex Noerdin bersama rombongan Minggu pagi melakukan sidak di Pasar Perumnas dan Pasar Lemabang.

Usai sidak di Pasar Perumnas, Alex menuturkan, satu hal yang ingin dia perhatikab bukan hanya harga dan ketersediaan suplai namun suasana di pasar. “Kalaupun rakyat bawah yang berbelanja. Mereka tidak ada beban, tidak ada was-was dan ketakutan baik penjual maupun berbelanja. Itu dampak dari daerah kita yang kondusif. Terima kasih bapak Kapolda dan TNI. Itu yang saya perhatikan,” katanya.

Sementara itu, Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib menambahkan, dirinya melihat partisipasi pedagang dan pembeli dalam menjaga kebersihan. Pasar tradisional ini dilihat aspek lingkungan.

“Kami berusaha mengangkut sampah dengan armada sampah yang ada. Tapi menjaga kebersihan ini harus didukung masyarakat,” bebernya.

Najib mengungkapkan, kedepan pihaknya akan memperbaiki akses jalan dan penerangan di sekitar pasar, agar pedagang dan pembeli nyaman. “Perputaran uang di pasar menjelang hari raya jelas meningkat. Untuk kondisi harga memang ada gejolak mengalami peningkatan tapi masih bisa diantisipasi,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =