Jembatan Ampera Dipadati Warga Rayakan Pergantian Tahun

Palembang, jurnalsumatra.com – Kawasan Jembatan Ampera, Palembang dipadati warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun, Senin malam.
Sejak ditutup pukul 22.00 WIB, tampak warga antusias di jalan menuju Jembatan Ampera, mulai dari kawasan Bundaran Air Mancur.
Sebagian besar warga, berkerumun di trotoar jalan Jembatan Ampera sembari menikmati suasana Sungai Musi.
Sesekali terdengar dentuman kembang api diikuti cahaya terang di langit. Kebetulan cuaca cerah menyelimuti malam pergantian tahun di Palembang.
Tak kalah ramai, tampak jelas dari Jembatan Ampera kerumunan massa di kawasan Benteng Kuto Besak.
Tepat pukul 00.00 WIB, suara dentuman kembang api mencapai puncaknya, begitu juga suara terompet. Kembang api ini dipastikan dinyalakan oleh warga karena pemerintah setempat telah mengumumkan tidak akan melakukan pesta kembang api karena menghormati korban bencana tsunami di Lampung dan Banten beberapa waktu lalu. Pemerintah setempat mengajak warga melakukan zikir dan doa di malam pergantian tahun ini.

Meski demikian, lantaran telah menjadi kebiasaan, tetap saja perayaan pergantian tahun dilakukan warga walau kali ini tidak semeriah sebelumnya. Biasanya, di Plaza Benteng Kuto Besak terdapat panggung hiburan rakyat.
Walau demikian, petugas kepolisian tetap bersiaga di beberapa titik keamanan untuk antisipasi adanya aksi teroris dan sejenisnya yang dapat mengancam ketertiban. Kendaraan rantis terpantau di simpang empat RS Charitas dan kawasan Bundaran Air Mancur.
Petugas juga tampak mengatur alur lalu lintas karena Jembatan Ampera ditutup. Kendaraan dari kawasan Seberang Ulu yang ingin ke Seberang Ilir terpaksa memutar ke arah Kertapati untuk memanfaatkan Jembatan Musi II.
Alwi, warga Talang Banten, Plaju mengatakan meski tidak ada panggung hiburan di BKN tetap ingin merayakan pergantian tahun di kawasan Jembatan Ampera.
“Sudah terbiasa begini. Jika tahun baru, selalu ke luar rumah dan selalu ke Jembatan Ampera,” ujar mahasiswa perguruan tinggi swasta di Palembang ini.(anjas)

Leave a Reply