Jembatan Penghubung Desa di Ketapang Belitang Ambruk

OKUTimur, Jurnalsumatra.com – Hujan deras terus menerus semalaman suntuk akhirnya membuat Jembatan Cungking yang merupakan Jembatan penghubung antara Desa Gunung Mas Tawang Rejo dengan Desa persiapan Ketapang Kecamatan Belitang ambruk, ambruknya jembatan tersebut diperkirakan sekitar pukul 04:00 wib jum’at (20/12/2019) pagi.

Dari informasi yang didapat, disungai jembatan Cungking ini sedang dilakukan normalisasi yang secara tidak langsung terjadi pengkisisan di pinggiran tanah sungai. Ditambah lagi beberapa hari terakhir curah hujan cukup tinggi yang menyebabkan debit air bertambah.

Dani warga Desa Persiapan Ketapang saat dihubungi wartawan mengatakan, ambruknya jembatan Cungking Penghubung antar Desa ini menyebabkan akses kedua Desa tersebut terputus. Masyarakat, pelajar ataupun Mahasiswa terpaksa harus memutar arah ke Desa Sukarami BK 6 atau Desa Rawabening BK 3 yang memakan waktu hampir 30 menit untuk menuju pusat kota di Gumawang atau Desa Sidodadi.

“Akses masyarakat antar Desa putus total, Jembatan ini digunakan masyarakat untuk akses perekonomian, dan pelajar. Terpaksa masyarakat menggunakan alternatif akses lain yang memakan waktu lebih dari biasanya untuk menuju ke Gumawang,” katanya.

Menurutnya, ambruknya jembatan tersebut sudah yang kedua kalinya dimana sebelumnya juga pernah ambruk ditahun sembilan puluhan. Dirinya berharap pemerintah Daerah dapat segera melakukan perbaikan sehingga dapat membantu kemudahan akses masyarakat kembali.

“Kalau gak salah itu Jalan dan Jembatan yang dibangun Kabupaten, sebab dulu pembangunan jalan itu dibangun oleh Dinas Kabupaten. Semoga segera diperbaiki lah,” ujarnya.

Sementara itu Kades Persiapan Ketapang Sudirman dan Camat Belitang Agustoni saat dihubungi telepon pribadi nya belum dapat dikonfirmasi. Salah satu keluarga Camat yang mengangkat teleponnya menyebutkan pak Camat sedang meninjau di lokasi jembatan yang ambruk. (Iwan)