Jepang Berikan Bantuan Ambulans Untuk Kalimantan Barat

Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah Jepang memberikan bantuan penyediaan mobil ambulans untuk Yayasan Alam Sehat Lestari di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Jumat.
Acara serah terima pengadaan mobil ambulans itu dihadiri oleh Sekretaris Kedua Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Kazuho Yoshida, sebagai wakil dari pihak Jepang, serta Bupati Kayong Utara Citra Duani dan Direktur Eksekutif Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) Nur Febriani, sebagai wakil dari pihak Indonesia.
Pengadaan mobil ambulans tersebut dilaksanakan melalui “Project for Providing An Ambulance” yang dikelola oleh Yayasan Alam Sehat Lestari.
Proyek tersebut merupakan program bantuan hibah grassroots Jepang senilai Rp996,55 juta yang telah ditandatangani bersama oleh pemerintah Jepang dan Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) pada Maret 2017.

Kabupaten Kayong Utara yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat sedang dalam proses pengembangan infrastruktur jalan sehingga akses untuk layanan medis sangat sulit.
Selain itu, dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam dengan mobil untuk pergi ke layanan medis yang fasilitasnya lengkap bagi pasien dengan cidera serius.
Oleh karena itu, peningkatan layanan transportasi untuk pasien agar dapat mengakses layanan medis di klinik yang dikelola oleh Yayasan Alam Sehat Lestari merupakan masalah penting.
Melalui bantuan tersebut, diharapkan akses penduduk ke fasilitas dan layanan medis pada saat darurat semakin cepat dan lancar, sehingga bisa mendapat perawatan yang tepat.(anjas)

Leave a Reply