Jiwa Interprenuership Dunia Digital

Palembang, jurnalsumatra.com – Universitas Terbuka bekerjasama  Indonesia 5 menggelar Digital Prenuer 2018 di atrium Palembang Icon,  Kamis (26/07/2018). Acara yang diikuti siswa SMA dan lulusan SMA ini bertujuan agar para remaja ini memiliki jiwa inteprenuersip atau berwirausaha.

Kepala  Universitas Terbuka Palembang Rd Meita Istianda SIP MSi mengatakan,  digital prenuer biasanya dikaitkan ekonomi,  perdagangan,  usaha.  Namun dalam acara digital preneur kali ini yang sedang tren memasarkan produknya melalui dunia digital.

“Kita arahkan anak anak SMA,  yang baru lulus sekolah,  dan mahasiswa untuk memiliki jiwa interneur atau berwirausaha.  Disini kita hadirkan pendiri usaha kaos nyenyes dan lainnya, ” ujarnya.

Meita mengungkapkan,  selama ini yang tertanam di pikiran  para siswa kalau sudah selesai sekolah atau kuliah adalah menjadi karyawan atau PNS. Padahal peluang untuk berwirausaha itu masih sangat luas.

“Awalnya yang mendaftar 50 peserta.  Tapi saat pelaksanaan, jumlah peserta bertambah menjadi sekitar 100 peserta.  Ini tren masyarakat,  ini trend positif dari digital yakni  menggunakan Internet dibawa aspek positif untuk berdagang, ” bebernya.

Menurutnya,  anak SMA sekarang dangat paham dengan dunia digital atau internet.  Oleh sebab itu,  pihaknya ingin mereka bisa mandiri secara ekonomi.

“Anak-anak SMA sekarang sangat mengerti hp. Cuma pemanfaatannya misalnya jualan online yang belum terlalu digalakkan.  Disini kita tidak hanya mengedukasi ekonomi,  tapi mengajarkan cara memulai usaha dengan menggunakan dunia digital,” paparnya.

Meita mengungkapkan,  acara seperti ini baru pertama kali digelar. ” Ini efektif bagi siswa. Sehingga mereka tidak malu berdagang,” pungkasnya.  (yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 3 =