JK: Wapres Ideal Pendamping Jokowi Religius

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sosok yang cocok mendampingi Presiden Joko Widodo jika akan maju kembali pada 2019 adalah yang religius.
“Kalau presidennya nasional maka wakilnya harus lebih religius, itu biasa,” kata Wapres Jusuf Kalla saat menjawab pertanyaan peserta Rakernas Partai Nasdem di Jakarta, Kamis.
Ia juga mengatakan, jika presidennya politisi wakilnya  teknokrat. Menurut dia,  Presiden yang petahana juga mudah terpilih tanpa kampanye besar asal kepemimpinannya berhasil.
Ia juga mengatakan,  berdasarkan pengalamannya selama di pemerintahan, bahwa untuk terpilih pasangan itu harus berasal dari suku berbeda meski saat masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono wakilnya juga berasal dari suku Jawa yaitu Wapres Boediono.
“Harus bermacam-macam maka pilihannya luas karena kalau sama pilihannya sempit,” katanya.

    Karena di Indonesia penduduk Jawa hampir 60 persen, secara logika presiden calon dari Jawa lebih mudah, katanya. Sama seperti di AS 170 tahun orang katolik baru bisa jadi presiden dan 240 tahun kulit hitam bisa jadi presiden.
Di samping kesaamaan lainnya, lanjut JK,  tentunya juga  tergantung kepada partai pendukung.
Ia juga menyatakan akan menolak jika ada yang menanyakan ingin kembali maju sebagai Wapres.
“Maaf saya mau istirahat, sesuai undang-undang juga menyebutkan presiden dan wapres tidak bisa dipilih dua kali,” ujar JK.
Partai Nasdem telah memberikan dukungan kepada Jokowi sebagai calon presiden pada Pemilu 2019.(anjas)

Leave a Reply