Kabid Humas Polda Papua: Media Mitra Strategis Polri

Jayapura, jurnalsumatra.com – Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyebut media baik cetak dan elektronik, lokal maupun nasional merupakan mitra kerja Polri.

  “Saya katakan ini hal ini dihadapan personel dan Kapolres Nabire, pada Kamis (20/02) bahwa media merupakan mitra kerja strategis Polri,” katanya dalam keterangan tertulis asistensi peningkatan Kehumasan Polres Nabire yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Jumat malam

  Pada momentum itu, Kamal yang didampingi Ipda Bachtiar Syarief mewakili Kasubbid Multimedia Bidang Humas Polda Papua, juga menjelaskan tentang visi misi, tujuan dan sasaran serta tugas Humas Polri.

  “Dalam menjalankan fungsi Humas Polri kita harus mengedepankan media sebagai mitra strategis,” katanya.

  Adapun tujuan Humas Polri adalah membangun citra positif di Kepolisian kepada masyarakat dalam rangka menjaga kamtibmas dengan membangun komunikasi dengan media yang terintegrasi dan terpercaya.

  “Ini harus dipahami dan dilaksanakan, agar citra kepolisian tidak tercoreng,” kata Kamal.

  Senada itu, Ipda Bacthiar Syarief menegaskan bahwa media adalah mitra strategis Polri dalam konteks hubungan masyarakat, sehingga organisasi perlu menjalin dengan semua publik/stake holder.

  “Publik selalu tidak bisa di temui (face to face) sehingga kita memerlukan media sebagai perantara untuk menyampaikan informasi atau kebijakan tertentu,” katanya.

  Media tersebut adalah media massa yang diisi oleh jurnalis (wartawan) yang mempunyai target untuk menyampaikan informasi dan menjadi bagian dalam tugas.

  “Dalam menjalin komunikasi pengemban fungsi multimedia perlu membuka layanan pengaduan masyarakan melalui media sosial dan portal media atau pun website untuk berkomunikasi atau pun menjawab setiap pertanyaan menjadikan umpan balik agar terjalinnya sinergi komunikasi dengan masyarakat,” kata Ipda Bachtiar.

  Sementara itu, Kapolres Nabire AKBP Sonny MN Tampubolon mengatakan tidak ada persoalan terkait kehumasan di lingkungan kerjanya, hanya saja signal telekomunikasi yang menjadi penghambat kecepatan dalam melaporkan berbagai kegiatan.

  “Hal lainnya adalah, dalam waktu dekat akan digelar pilkada dan PON, sejumlah personel kami akan ikut serta dalam kegiatan tersebut. Harapanya kita semua bisa menjaga kesehatan agar bisa memback up dua agenda nasional ini,” katanya.(anjas)