Kadis: Disdukcapil Kota Kupang Sudah Kerja Keras

    Kupang, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang David M Mangi mengatakan, pihaknya sudah bekerja keras dalam memberikan pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi masyarakat setempat.
“Kami di Disdukcapil sudah kerja maksimal,” kata David M Mangi kepada wartawan di Kupang, Sabtu, menanggapi sorotan masyarakat yang menilai buruk pelayanan Disdukcapil Kota Kupang.
David juga membantah adanya tudingan bahwa banyak korupsi yang terjadi di lingkungan dinas yang dipimpinnya.
Manurutnya, jika korupsi yang dimaksud terkait waktu dan kinerja pelayanan maka tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan.
“Sejak kapan pegawai Disdukcapil itu ada yang duduk nganggur dari pagi, sore, sampai malam hari? Tidak ada itu,” katanya.
“Jam makan para pegawai saja bergantian karena tidak bisa tinggalkan tempat duduknya. Tiap harus berhadapan dengan kertas jadi apa yang dikorupsi,” katanya.

      Ia mengakui masih banyak masyarakat di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu yang membutuhkan waktu lama untuk merekam KTP-el karena antrian yang membeludak setiap hari.
Pihaknya sudah menyiasati dengan membuka tambahan pelayanan di Hari Sabtu namun kondisi antrian tetap saja banyak.
Menurutnya, keterbatasan sarana-prasarana serta dukungan sumber daya manusia yang belum memadai menjadi kendala utama pelayanan Disdukcapil Kota Kupang.
“Server perekaman KTP-el hanya dua kecamatan yang berfungsi, empat sudah jebol jadi bagaimana kita bisa melakukan perekaman yang cukup tinggi,” katanya.
Ia mengatakan, tuntutan terkait kinerja pelayanan yang tinggi dari Disdukcapil meski diimbangi dengan dukungan sarana-prasarana dan sumber daya manusia yang memadai.
“Sebelumnya Pak Wali Kota Jefri Riwu Kore juga telah menegaskan agar Disdukcapil harus mendapat prioritas di perubahan anggaran. Bangunan kantor, sarana-prasarana, dan lainnya harus mendapat perhatian penuh,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + eight =