Kadis Pertanian Panen Bareng Poktan

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Kelompok poktan sirah pulau tani,  Desa Sirah Pulau Kecamatan Kikim Selatan, Lahat Jum’at (4/5/2018)kemarin, melakukan panen padi bersama berlokasi demplot (kerjasama Koperasi alumni IPB dan penyalur pupuk) menggunakan padi sawah Varietas Unggul Nasional yang baru dilepas IPB 3S.

Kegiatan panen bersama itu, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir H Agustia Budiman MM,  Kabid Tanaman Pangan,  didampingi unsur Tripika Danramil Kikim,  Kapolsek Kikim Selatan,  Camat Kikim Selatan, Kades Sirah Pulau, KCD TPH,  BP3K,  PPL,  tokoh masyarakat,  dan kelompok tani. Bahkan, dalam acara tersebut, juga dilakukan pengubinan sample petakan padi,  dan didapat hasil Provitasnya 6,24 ton per Ha Gabah Kering Panen atw GKP.

Dijelaskan A Firdaus SP MMA selaku Kabid Tanaman Pangan bahwa padi IPB 3S, inilah contoh padi yang bagus kelihatan tegakannya kokoh dan warnanya kuning keemasan.

“Anakan dan tumpunnya banyak dan daun benderanya tinggi tegak, lebar dan tajam,  malainya panjang menunduk sehingga hama burung sedikit berkurang. Juga nasinya enak dan pulen yang digemari masyarakat Kabupaten Lahat,” tegaa Firdaus, Jum’at (4/5/2018).

Setelah dilakukan acara panen bersama dilanjutkan dengan pertemuan dan diskusi dengan anggota Poktan dan juga dilakukan serah terima bantuan benih padi unggul nasional varietas mekongga secara simbolis dari Pemda Lahat oleh Kadis Pertanian kepada petani anggota Poktan.

Sementara, Kadis Pertanian Kabupaten Lahat, Ir H Agustia Budiman MM dalam sambutannya menyampaikan, semua hasil saat ini merupakan wujud dari kepedulian Pemda Lahat dalam membantu petani meningkatkan produksi dan menambah penghasilannya.

“Inilah bentuk kepedulian pihak Pemda Lahat. bantuan benih ini seraya mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah terhadap nasib para petani yang ada. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =