Kadis PMD Monitoring BLT di Kecamatan Sungai Keruh

Muba, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) H. Richard Chahyadi AP, MSi di dampingi Sekretaris Drs Deni Sukmana MSi dan stafnya melakukan Monev Implementasi Aplikasi Siskeudes, dalam kegiatan Dana Desa dan Laporan Realisasi APBDesa Semester I tahun 2020 di Kecamatan Sungai Keruh Muba, Selasa ( 14/07/2020).

Acara tersebut berlangsung di Aula Kecamatan Sungai Keruh dengan dihadri Plt Camat Edi Heryanto SH, Seluruh kades maupun Sekdes dan juga Oprator desa di kecamatan tersebut.

Dalam sambutannya, Plt Camat Sungai Keruh Edi Heryanto SH mengucapkan trimkasih kepada Kadis PMD dan Kepala Desa yang telah melakukan rapat kordinasi sekaligus melakukan pembinaan. 

“Pembinaan Sistim Keuangan  Desa yang ada di kecamatan sungai keruh , dengan adanya pembinaan tersebut dapat melakukan peningkatan pengelolaan sistim keuangan yang ada di kecamatan sungai keruh.

Dengan adanya pembinaan tersebut dapat melakukan peningkatan pengelolaan Sistim Keuangan di desa dalam kecamatan sungai keruh , karna ada enam desa notabennya patugas sistim pengelolaan data di ganti atau di non aktifkan oleh kepala desa,”Ucapnya.

Dijelaskanya, adanya rakor ini dapat membantu percepatan dalam pengelolaan keuangan dana desa di kecamatan sungai keruh.

“kami menyambut baik, kedatangan Kadis PMD. Karena tidak semua kecamatan yang di datangi beliau untuk melakukan pembinaan, dengan kekurangan yang ada di kecamatan sungai keruh beliau menyempatkan diri untuk melakukan sosialisasi-sosilisasi dalam penggunaan dana desa baik iti ADD maupun ADDK,”kata Edi Heryanto.

Sementara itu, Kepala dinas PMD kabupaten Muba Rhicard Chahyadi AP, mengatakan bahwa Dinas PMD Muba turun langsung ke kecamatan Sungai Keruh, dikarnakan banyak desa-desa dalam penyaluran BLT tidak menggunakan pola maksimal. Oleh karena itu dinas PMD melakukan monitoring dan Evaluasi dalam pencairan dana desa tahap pertama untuk persiapan pencairan tahap kedua 

“Pencairan BLT  tahap pertama di kecamatan sungai keruh tidak menggunakan pola-pola maksimal sesuai dengan arahan bapak Bupati Dr Dodi Reza Alex. Sehingga dinas PMD turun memberikan arahan agar tidak lagi menyimpang dari arahan Bupati Muba. Karena Dana Desa tahap kedua ini diperuntukan BLT sebesar Rp 300.000/KK perbulan selama tiga bulan terhitung dari Juli, Agustus , September 2020,”Pungkasnya (Rafik elyas)