Kadisdik Sergai Kunjungi Rumah Baca


Sergai-Sumut, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Drs. Joni Walker Manik, MM berkunjung ke rumah Baca di Jl. Kerompol Dusun V Timur Desa Pematang Pelintahan Kec. Sei Rampah kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (29/6/2019)

Hal tersebut dilakukan Pak Joni yang akrab dipanggil namanya dalam Mengisi aktivitas nya Pasca liburan sekolah

Rumah Baca Oryza Sativa banyak menggelar beberapa kegiatan rutin, Salah satunya adalah kegiatan membaca bersama yang melibatkan anak-anak binaan rumah baca itu.

Keberadaan rumah baca tersebut mendapat apresiasi penuh dari Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Drs. Joni Walker Manik, MM sebabnya banyak segala aktivitas didalamnya,ujarnya

Saat ini pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyediakan fasilitas-fasilitas membaca yang dapat di akses oleh masyarakat secara luas. Untuk itu kami sangat menyambut baik keberadaan rumah baca ini, kata Kadisdik.

Pria yang mempunyai sosok kepemimpinan serta penuh dengan kebijaksanaan yang pernah menjabat sebagai Kadispora Kab. Sergai itu menambahkan, Sergai telah mendeklarasikan diri sebagai “kabupaten literasi” pada tahun 2015 yang lalu. Dan pada tahun 2017 meraih “Anugerah Literasi” dengan Indeks Literasi Daerah (ILD) tertinggi se-Indonesia.

Oleh karenanya semangat literasi harus terus digelorakan di bumi Sergai yang tentunya harus didukung oleh seluruh komponen masyarakat.

Tanpa dukungan dan partisipasi masyatakat tentu gerakan literasi sulit untuk kita sukseskan, ungkap Kadisdik.

Selain itu, Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) itu mengajak masyarakat Desa Pematang Pelintahan dan sekitarnya untuk memanfaatkan Rumah Baca Oryza Sativa sebagai sarana pembelajaran dan sumber informasi.

Selanjutnya pendiri Rumah Baca Oryza Sativa Abdul Firman mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kadisdik. “Anak-anak pagi ini sangat senang, mereka mendapat motivasi, bimbingan dan arahan dari pak Kadisdik”, ujarnya.

Kunjungan dari para pejabat tentunya sangat penting buat anak-anak. Sebab yang dilakukan dapat menambah motivasi dan minat membacanya, tambah Firman.

Kedatangan Kadisdik Sergai disambut langsung oleh Pendiri Rumah Baca Oryza Sativa, anak-anak dan para relawan rumah baca. (MUHAMAD SIDDIK)