Kadiskominfo Se-Indonesia Di Babel Bahas Tiga Isu

Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Kegiatan Rapat Kerja Kepala Dinas Diskominfo se-Indonesia di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, membahas tiga isu keamanan informasi dan siber.
“Saya mengapresiasi kegiatan ini untuk membangun sinergi dan kabolarasi seluruh diskominfo se-Indonesia,” kata Sekretaris Utama Badan Siber dan Sandi Negara Syahrul Mubarak saat menghadiri acara tersebut di Pangkalpinang, Kamis.
Ia mengatakan bahwa raker ini akan membahas tiga isu, yaitu sistem pemerintahan berbasis elektronik, keamanan siber, dan urusan persandian di lingkungan pemerintahan daerah.
Menurut dia, keamanan siber dan informasi ini saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan sehingga perlu sinergi BSSN dengan seluruh diskominfo se-Indonesia.
Peran pertama, BSSN sebagai arsitektur sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) nasional. Dalam hal ini, BSSN bertanggung jawab menyusun domain arsitektur SPBE nasional.

Peran kedua, lanjut dia, memberikan pertimbangan kelaikan keamanan ketika membangun pusat data nasional dan memberikan pertimbangan mengenai jaringan intrapemerintah.
“BSSN bertugas menjaga keamanan SPBE dan bertanggung jawab dalam penerapan dan penyelesaian persoalan keamanannya,” katanya.
Oleh karena itu, pengguna SPBE harus berkoordinasi dan berkonsultasi dengan BSSN dan melakukan penyusunan standar keamanan dan prosedur pelayanan,” katanya.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman mengatakan bahwa organisasi perangkat daerah diskominfo ke depannya memegang tugas dan fungsi strategis.
Untuk itu, perlu efesiensi dan strategi seiring dengan gencarnya penerapan e-government oleh pemerintah pusat.
“Dalam menjalankan tugas dan fungsi strategis, hendaknya anggaran diskominfo untuk lebih ditingkatkan karena OPD ini akan mengerjakan pekerjaan vital,” katanya.(anjas)

Leave a Reply