KAHMI: Penetapan Lafran Pane Pahlawan Hal Tepat

Palembang, jurnalsumatra.com – Pengurus Korp Alumni HMI Kota Palembang mengatakan, penetapan Prof Lafran Pane sebagai pahlawan nasional hal yang tepat melihat perjuangannya selama ini.
Penganugrahan pahlawan nasional harus memiliki kreteria sendiri dan pendiri HMI itu sangat memenuhi, kata Ketua KAHMI Palembang Solihun, Jumat.
Hal ini mengingat sepanjang hidupnya, beliau selain memiliki integritas moral dan keteladanan, juga telah terbukti memiliki konsep, gagasan, karya, ataupun jasa yang begitu besar bagi pembangunan.
“Jadi ketokohan pahlawan nasional itu sesuai dengan perjuangannya selama ini untuk kemajuan bangsa Indonesia,” kata dia.
Ketua KAHMI Palembang itu memandang ketokohan Lafran Pane dalam mendirikan organisasi mahasiswa HMI di era revolusi yang dilandasi komitmen kebangsaan dan keumatan.
Ini merupakan bentuk karya dan jasanya yang besar dalam rangka membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, serta meninggikan derajat rakyat Indonesia, kata dia.
Berkat jasanya, kini sudah terlahir jutaan kader yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan dalam berbagai aspek kehidupan, ujar dia.
Sehubunga itu KAHMI Kota Palembang mengajak seluruh elemen anak bangsa untuk meneladani sikap dan nilai-nilai kepahlawanan yang dimiliki pendiri HMI itu.
Jadikan keteladanan pahlawan nasional itu sebagai inspirasi supaya dapat berkarya luar biasa terutama dalam melahirkan kader bangsa, ujar dia.
Pihaknya merasa bersyukur dan itu akan memotivasi kader terutama HMI, kata dia.
Penganugrahan pahlawan nasional itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional atas usulan kementerian sosial.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 1 =