Kajari Musnahkan Sejumlah Barang Bukti

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Bertempat dihalaman kantor Kejaksaan Negeri (Kajari) Lahat, Selasa (25/9/2018), dilakukan pemusnahan barang bukti (BB) yang merupakan hasil sitaan dan dinyatakan telah selesai proses hukumnya oleh Pengadilan Negeri (PN) Lahat atau inkract sidangnya sepanjang tahun 2018.

Dalam acara pemusnahan tersebut, dilaksankan sekitar pukul 10.15 WIB, dan disaksikan langsung Bupati Lahat Marwan Mansyur SH MM, Kapolres dan sejumlah pejabat tinggi Pemerintah Kabupaten Lahat, pihak PN Lahat, Dandim 0405 Lahat Letkol. Kav. Sungudi, Kapolres Lahat AKBP. Roby Karya Adi SIK dan pihak Rutan Klas IIA, Kepala Bapas Lahat, jajaran pegawai dan staff Kejari Lahat, Ormas Gapenta dan LSM.

Barang bukti (BB) yang dimusnahkan kemarin diantaranya, daun setan alias ganja seberat 1.099.16 gram, kristal metamfetamina atau sabu seberat 85,262 gram dan Tablet MDMA (Exctasi) sebanyak 3 setengah butir atau seberat 0,97 gram. Dari sejumlah BB yang dimusnakan itu pihak PN Lahat telah memvonis sebanyak 82 perkara.

Kajari Lahat Jaka Suprana, SH, MH didampingi Kepala Seksi Barang Bukti, Lukber Liantama, SH, MH dalam sambutannya menerangkan, dengan disaksikan berbagai elemen pemerintah, penegak hukum dan lembaga-lembaga lainnya menusnahkan sejumlah BB pada hari ini.

“Oleh sebab itu, pemusnahan ini kita lakukan secara terbuka, karena barang bukti ini merupakan kejahatan yang rentan ditengah tengah masyarakat. Semua BB yang kita bakar hari ini merupakan hasil sepanjang tahun 2018,” jelas Suprana.

Sementara, Bupati Lahat, Marwan Mansyur SH MM menyampaikan, sebagai Pemerintah Kabupaten Lahat pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pihak Kejari Lahat ini. Dan, diakui Marwan, semua BB yang dimusnahkan tersebut kebanyakan kasus Narkoba.

“Maka dari itu, diharapkan dengan pemusnahan BB ini, agar ke depan masyarakat bisa menghindari bentuk kejahatan, khususnya peredaran Narkoba. Karena bahaya Narkoba adalah musuh terbesar Negara ini,” pesan Marwan.

Usai sambutan dan keterangan, para pihak yang hadir, didahului oleh Bupati dan Kajari serta Kapolres Lahat langsung mengecek dan menandatangani berita acara serta memusnahkan barang bukti (BB) dengan cara membakarnya dalam tong sampah. Sepanjang pembakaran BB berlangsung terlihat situasi aman dan terkendali. (Din)

Leave a Reply