Kaltara Peroleh Dana APBN Bangun RTH Bulungan

    Bulungan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara memperoleh bantuan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk membangun ruang terbuka hijau (RTH) di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
“Dana yang diperoleh sebesar Rp14,6 miliar dengan lokasi pembangunan RTH tersebut di Sabanar Lama tidak jauh dari Pelabuhan Sungai Kayan II,” jelas Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie melalui siaran pers Humas Pemprov Kaltara, Rabu.
RTH ini dalam pengerjaan dan ditargetkan rampung dalam waktu dekat, lokasinya tepat berada di tepi Sungai Kayan diharapkan menjadi ikon Tanjung Selor mulai difungsikan pertengahan 2018.

Taman yang dipastikan menarik perhatian masyarakat setempat untuk menghabiskan waktu sekaligus berolahraga, panjangnya sekira 650 meter membentang sepanjang sungai dilengkapi patung burung enggang dan pantung berbentuk daun.
“RTH ini dilengkapi juga taman olahraga, panggung musik dan kesenian, tempat duduk bersantai lengkap dengan gazebo,” ujar Irianto Lambrie. Taman yang sama juga pernah di bangun di Kota Tarakan yakni Taman Berlabuh juga menggunakan dana APBN.
Ia merencanakan setelah pembangunan RTH ini rampung akan dilanjutkan lagi dengan bentuk yang sama memanjang ke arah selatan hingga simpang tiga Jalan Katamso dengan Jalan Sabanar Lama.
Gubernur Kaltara menuturkan pembangunan RTH pada semua kabupaten/kota akan dilakukan sebagai program prioritas Pemprov Kaltara sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yang mensyaratkan RTH diperkotaan minimal 30 persen dari luas wilayah.
Pembangunan RTH Sungai Kayan itu pengerjaannya telah memasuki 65 persen sehingga ia optimistis akan rampung sebelum pertengahan 2018.(anjas)

Leave a Reply