Kaltim Siap Sukseska Fornas V Di Samarinda

Samarinda, jurnalsumatra.com – Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor menyatakan kesiapan menyukseskan penyelengaraan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) V tahun 2019 yang dijadwalkan digelar 13-17 November 2019 dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

“Pemprov bersama Pemkot Samarinda serta masyarakat Kaltim siap menyukseskan penyelenggaraan Fornas V di Samarinda. Apalagi pembukaan rencana dihadiri Presiden Joko Widodo,” kata Isran Noor ketika menerima kunjungan Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Nasional Hayono Isman di Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Selasa.

Isran mengatakan Pemprov hingga saat ini sudah siap menyambut pelaksanaan dan menerima peserta yang akan dihadiri 15.000 peserta seluruh provinsi di Indonesia.


Pemprov siap menyambut baik layaknya ketika PON 2008 lalu. Karena itu, berbagai persiapan tentu dilakukan pemerintah daerah.

“Kita sambut baik semua peserta. Semoga mereka nyaman di daerah ini. Jika perlu saya juga ikut lomba,” ucap Isran.

Selain menerima kunjungan Ketua Formi Nasional Hayono Isman dan rombongan, Gubernur Isran mendapat baju kaos Fornas V Kaltim dari Ketua Formi. Hayono mengaku senang dan bangga sebab Kaltim bisa menjadi penyelenggara Fornas V 2019.


“Yang jelas, pemerintah pusat siap membantu penyelenggaraan ini. Kami sangat senang.Antusiasme Pemprov dan masyarakat Kaltim sangat luar biasa menyambut pelaksanaan ini,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahragab (Dispora) Kaltim Syirajuddin menambahkan pada ajang nasional tersebut Pesut Mahakam kembali dijadikan maskot dengan sebutan “Busu Pesut Mahakam”

Ia menjelaskan bahwa Pesut Mahakam yang menjadi maskot Fornas V melambangkan event nasional digelar di Provinsi Kaltim.

“Maskot “Busu Pesut” Mahakam untuk Fornas V tahun berbeda dengan even olahraga yang sebelumnya, seperti halnya maskot PON 2008,” tegas Syirajuddin. (anjas)