Kaltim Tuan Rumah POPWIL IV 2020

Samarinda, jurnalsumatra.com – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali mendapat kepercayaan untuk menggelar even olahraga skala regional yakni Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) IV 2020 yang dilaksanakan pada September 2020.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora0 Kaltim, H Muhammad Syirajudin di Samarinda, Jumat, mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah persiapan untuk menggelar even olahraga para siswa tersebut.

“Popwil akan mempertandingkan sebanyak 8 cabang olahraga (cabor). Yakni tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, bola basket, bola voli, sepakbola, sepak takraw dan bulutangkis,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa Dispora terus menjalin koordinasi dengan pengurus cabang olahraga dalam rangka membentuk kepanitian.

“Pelaksanaan memang beberapa bulan lagi. Tetapi, tetap harus dipersiapkan. Para pengurus Pengprov Cabor pun turut dilibatkan guna melengkapi data wasit nasional yang dimiliki cabor provinsi, penyiapan atlet dari masing-masing cabor, venue pertandingan, serta hal penunjang lainnya,” terangnya.

Syirajuddin mengemukakan Popwil diikuti sejumlah provinsi yang tergabung dalam wilayah IV. Terdiri dari Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, dan tuan rumah Kalimantan Timur yang menjadi babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS).

Menurutnya POPWIL merupakan agenda rutin Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menjadi sarana dan babak kualifikasi 8 (delapan) cabor.

Sirajudin mengatakan, kegiatan ini sekaligus sebagai awal evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di daerah menuju POPNAS.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari Sistem Kompetisi Olahraga Pelajar secara nasional yang berjenjang dan berkelanjutan,” tambahnya.

Mendukung pelaksanaan itu, koordinasi terus dilakukan sejak awal termasuk rutin ke Kemenpora.(anjas)