Kandidat Pilkada Harus Lulus Tahapan Test

Palembang, jurnalsumatra.com – Persaingan ketat antara calon  Pilkada harus lewat tahapan seleksi yang ketat dengan harus melewati beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan peraturan yang sama untuk seluruh Indonesia.

Hal ini dikemukakan Alexander Abdullah selaku komisionir 5 KPU Sumatra Selatan kepada jurnalsumatra.com yang mengatakan “Dari calon dan bakal calon harus melalui proses, kalau kemaren itu dimulai dari pendaftaran yang sudah kami lakukan dari tanggal 8 sampai dengan 10 Januari, yang selanjutnya mereka harus melewati test kesehatan, jasmani, rohani dan bebas penyalahan penggunaan Narkoba” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hasil dari pemeriksaan ini nanti akan diumumkan pada tanggal 16 Januari yang akan ada dua penilaiannya, yaitu MS (memenuhi syarat) dan kedua TMS (tidak memenuhi syarat), bila bakal calon tidak memenuhi syarat maka partai atau gabungan partai, perseorangan harus menggantinya dengan calon yang lain dan prosesnya tetap sama yang harus dijalankan juga bagi penggantinya.

“Dengan proses ini, jelas tanggal 12 Februari tetap akan diadakan penetapan calon kepala daerah itu sendiri dan tanggal 13 Februari itu, sesuai dengan nomor urut masing-masing calon” tambahnya.

Menurutnya, semua dibatasi dengan peraturan yang ada dengan PKPU No. 3 dan PKPU No. 15 tahun 2017 itu sudah ditetapkan dengan tahapan-tahapan yang ada. “Semua proses jangan sampai melewati waktu yang telah ditentukan” pungkasnya. (edchan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 3 =