Kantor SAR Banjarmasin Siapkan Tim Khusus

     Banjarbaru, jurnalsumatra.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyiagakan tim khusus yang diturunkan menjelang dan pasca-Idul Fitri guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
“Kami menyiapkan tim khusus yang disiagakan menjelang dan sesudah Idul Fitri guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan,” ujar Kepala Kantor SAR Mujiono di Banjarbaru, Selasa.
Ia mengatakan, tim khusus yang diturunkan diberi nama tim Alfa, Bravo dan tim Carli yang siaga menempati posko-posko termasuk siaga di kapal khusus sebelum dan sesudah Idul Fitri.
Disebutkan, satu tim terdiri dari tujuh orang dan bersiaga sejak tujuh hari sebelum (H-7) dan tujuh hari sesudah Idul Fitri (H+7) Idul Fitri untuk memberi rasa aman bagi masyarakat.
“Intinya, personel untuk setiap tim disiagakan di posko-posko yang telah disiapkan. Jika terjadi bencana maupun kejadian memerlukan pertolongan maka tim langsung bergerak,” ucapnya.

     Dijelaskan, khusus wilayah perairan, alat utama yang disiagakan terdiri dari empat buah kapal dengan ukuran yang bervariasi yakni kapal dengan panjang 22 meter hingga 40 meter.
“Empat kapal itu disiagakan termasuk personel yang siap diterjunkan setiap saat. Selain peralatan air, kami juga menyiagakan kendaraan darat baik truk maupun box pertolongan,” ungkapnya.
Menurut dia, seluruh personel baik yang mengoperasikan alat utama darat maupun laut disiagakan selama 14 hari sebelum dan sesudah Idul Fitri sehingga memberikan rasa aman masyarakat.
Dikatakan, tim darat bersiaga baik di kantor pusat Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 29 Kota Banjarbaru, Kalsel maupun wilayah Kalteng yang juga menjadi tanggungjawab Kantor SAR Banjarmasin.
“Tim laut siaga di sepanjang pesisir pantai dan berkonsentrasi pada tempat-tempat wisata sehingga bisa memberikan pertolongan cepat jika terjadi bencana di kawasan itu,” katanya.(anjas)

Leave a Reply