Kapolda: Permasalahan Kamtibmas Semakin Kompleks

     Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak menyatakan tantangan tugas serta permasalahan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang dihadapi kepolisian akan terus berkembang semakin kompleks dan dinamis.
“Karena itu, dibutuhkan kerja keras jajaran kepolisian menghadapi tantangan tersebut, sehingga terwujud kamtibmas serta tegaknya hukum di Provinsi Aceh,” kata Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak di Banda Aceh, Kamis.
Pernyataan tersebut disampaikan Irjen Pol Rio S Djambak dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah pada rapat kerja teknis fungsi Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) di jajaran Polda Aceh.
Kapolda Aceh menyatakan, pelaksanaan rapat kerja teknis tersebut merupakan momentum dalam mengkaji dan mengevaluasi tugas pemeliharaan keamanan di lingkungan Polda Aceh.

“Setiap permasalahan dan hambatan, baik di bidang pembinaan maupun operasional harus dievaluasi setiap saat, sehingga tantangan tugas kamtibmas yang semakin kompleks tersebut bisa dihadapi dengan sebaik mungkin,” kata dia.
Kapolda Aceh menyebutkan, untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, dibutuhkan keterpaduan serta kerja sama dengan berbagai pihak, baik masyarakat maupun instansi terkait lainnya.
Selain itu, ia juga mengingatkan jajarannya agar meningkatkan peran fungsi preemtif dan preventif dalam pelaksanaan tugas kepolisian menuju Polri yang profesional, modern dan tepercaya sesuai yang diamankan aturan perundang-undangan.
Apalagi, kata Irjen Pol Rio S Djambak, pilkada serentak 2018 di beberapa daerah di Aceh serta tahapan pemilihan umum 2019 yang sudah dimulai menuntut kesiapan Polda Aceh dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.
“Setiap tahapan, baik pilkada maupun pemilu, memiliki potensi kerawanan. Karena itu, perlu diantisipasi sedini mungkin, sehingga tidak mengganggu kamtibmas di Provinsi Aceh,” demikian Irjen Pol Rio S Djambak.(anjas)

Leave a Reply