Kapolda Pimpin Operasi Pengendalian Bahan Pokok

Makassar, jurnalsumatra.com – Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Hamidin memimpin langsung Operasi Pengendalian Bahan Pokok di Pasar Pabaeng-baeng Makassar untuk mengantisipasi adanya gejolak harga jelang Lebaran.

  “Ini bagian dari tugas kami sebagai anggota Satgas Pangan dan mengecek situasi baik harga maupun stok di pasaran penting kita lakukan,” ujar Irjen Pol Hamidin di Makassar, Rabu.

  Di Pasar Pabaeng-baeng dirinya banyak berinteraksi dengan pedagang dan menanyakan langsung harga sejumlah komoditi bahan pokok termasuk bertanya langsung kepada pembeli.

  Beberapa komoditas yang menjadi perhatiannya yakni, ketersediaan stok serta menjaga harga seperti beras, daging ayam, daging sapi, telur dan komoditas lainnya penyumbang inflasi.

  Berdasarkan hasil pemantauannya tim satgas pangan mendapati harga sejumlah komoditi mengalami penurunan dari harga sebelumnya seperti bawang putih dan bawang merah.

  “Jadi gejolak barang-barang kebutuhan yang selama ini kita anggap kemungkinan naik ternyata turun. misalnya bawang merah, bawang putih itu turun, begitu juga harga daging juga mulai stabil,” katanya.

  Irjen Pol Hamidin juga menyatakan jika ketersediaan stok pangan masih mencukupi hingga setelah lebaran atau dua bulan ke depannya.

  Dalam operasi ini beberapa aparat instansi terkait lainnya ikut bersama Kapolda seperti Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulsel, Dinas Perdagangan Sulsel dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).(anjas)