Kapolda: Polri Wujudkan SDM Promoter

     Medan, jurnalsumatra.com – Kepolisian Republik Indonesia mewujudkan sumber daya manusia yang Promoter atau Profesional, Modern, dan Terpercaya, serta terus berupaya melakukan perubahan “mind set” kultur Polri.
“Agenda perubahan yang dilakukan oleh Polri, yakni diantaranya dengan menerapkan proses rekruitmen anggota Polri dengan prinsip ‘BETAH’ (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis),” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpau, di Medan, Jumat.
Hal itu dikatakan Kapolda, dalam pengarahannya pada Penandatanganan Pakta Integritas dan Pembacaan Maklumat Kapolda Dalam Seleksi Penerimaan Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri TA 2018 di Lapangan Sampali Polda Sumut.
Berbagai aturan dalam rekrutmen itu, menurut dia, telah disusun oleh panitia pusat, diantaranya bahwa dalam tahapan seleksi tidak dipungut biaya (gratis).
“Polda Sumut berkomitmen dan berupaya seoptimal mungkin, dalam proses penerimaan anggota Polri sesuai dengan aturan yang berlaku dengan prinsip BETAH,” kata Irjen Pol Paulus.

     Ia berpesan, kepada orang tua atau wali diminta agar tidak mudah tergiur dengan tawaran oknum tertentu yang menawarkan jasa dapat membantu kelulusan dengan sejumlah uang.
Kepada panitia seleksi diharapkan dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan seleksi, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan wewenang.
“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai sarana kontrol, pengendalian melekat, dalam setiap proses penerimaan calon anggota Polri, sehingga menghasilkan calon Taruna Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri yang terbaik,” kata jenderal bintang dua itu.
Rekrutmen personel Polri tahun 2018 melalui Polda Sumut sebanyak 9.846 orang putera-puteri Sumut yang mendaftar melalui online yang terdiri dari calon Taruna/Taruni Akpol (1.090 orang), calon Bintara Polri (8.134 orang) dan calon Tamtama Polri (622 orang).
Sampai dengan Jumat (13/4) calon peserta yang mendaftar melalui online dan sudah diverifikasi sebanyak 5.780 orang.(anjas)

Leave a Reply