Kapolda Sumbar Minta Personel Tingkatkan Kewaspadaan

    Padang, jurnalsumatra.com – Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal meminta personel kepolisian di wilayahnya meningkatkan kewaspadaan pascaserangan bom di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/5).
“Peningkatan kewaspadaan ini juga dilanjutkan dengan peningkatan pengamanan di mapolda dan mapolres seluruh Sumatera Barat,” katanya di Padang, Selasa.
Menurut dia, aksi teror yang terjadi di Surabaya perlu dilakukan antisipasi dengan meningkatkan pengamanan dan merutinkan patroli di wilayah Sumbar.
“Kami tentu tidak ingin hal tersebut terjadi lagi, sehingga pengamanan harus ditingkatkan agar memberikan rasa aman bagi masyarkat,” kata dia.
Menurutnya, tindakan teror bertujuan menimbulkan rasa takut dan kekacauan, sehingga masyarakat jangan takut dengan aksi teror tersebut.
“Kami imbau masyarakat untuk tidak takut dengan teror dan tetap beraktivitas seperti hari-hari biasa,” kata dia.

     Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi menambahkan peningkatan keamanan di mapolda dan mapolres dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap orang yang berkunjung ke kantor polisi. Selain itu menempatkan petugas menggunakan rompi anti peluru dan bersenjata lengkap di penjagaan.
“Instruksinya jelas, petugas tidak boleh lengah dalam meningkatkan pengamanan di kantor polisi,” kata dia.
Kemudian pihaknya juga menurunkan personel Brimbob Polda Polda Sumbar untuk melakukan patroli rutin dan penyisiran di berbagai kawasan vital seperti gedung pemerintahan, sarana ibadah, dan tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.
“Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan terpengaruh dengan aksi teror yang terjadi karena apabila ada kekacauan maka target pelaku teror itu tercapai,” kata dia.(anjas)

Leave a Reply