Kapolres Gelar Bhakti Sosial

Lahat, jurnalsumatra.com – Bantuan dan kegiatan bhakti sosial untuk warga Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, terus berdatangan. Baik, dari Pemkab Lahat, unsur Tripikan Kabupaten, dan Ormas lainnya.

Kali ini, giliran Kapolres Lahat AKBP Irwansyah SIK MH CLA, didampingi Kasat Sabara, dan Kapolsek Kikim Timur Kabupaten Lahat melakukan kegiatan bhakti sosial, pasca banjir bandang yang menimpa Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, sepekan terakhir.

Kegiatan bhakti sosial itu, dilaksanakan pada Senin (13/01/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Ikut dalam acara tersebut, anggota Polres Lahat dan Polsek Kikim Timur yang dipimpin langsung Kapolres Lahat AKBP Irwansyah SIK MH CLA.

Turut mendampingi, Kasat Sabara dan Kapolsek Kikim Timur, bersama dengan unsur TNI, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, serta unsur lainya juga diikuti masyarakat yang ada, melaksanakan Bhakti Sosial berupa melakukan pembersihan poing poing sampah akibat banjir bandang yang menerjang Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Lahat.

Dijelaskan Irwansyah, musibah banjir bandang yang menimpa masyarakat Desa Gunung Kembang pada Jum’at tanggal 10 Januari 2020, sekitar pukul 04.00 WIB, dari peristiwa itu, juga menghanyutkan sedikitnya 8 rumah warga dan merendam puluhan rumah, serta menghanyutkan barang barang milik warga dan binatang peliharaan.

Tidak sampai disitu saja, sambung Kapolres Lahat, Polres Lahat pada Sabtu tanggal 11 Januari 2020 melalui Polwan Polres Lahat telah melaksanakan giat Peduli Asih berupa pemberian bantuan kemanusian sembako terhadap Dua Desa yg terkena bencana banjir bandang.

“Kedua desa yang diberikan bantuan yakni, Desa Gunung Kembang dan Desa Muara Danau Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, yang diterima langsung oleh masyarakat melalui Posko bencana yang berada di desa masing masing,” tambah Irwansyah.

Petinggi nomor satu dikrops coklat Polres Lahat mengungkapkan, jajarannya juga menerjunkan satu Pleton Dalmas dan satu regu penyelamat pada saat terjadinya banjir, guna mengamankan dan mengevakuasi korban dan barang barang milik korban yang masih bisa diselamatkan bergabung dengan instansi terkait dan saling bau membau secara bergantian melakukan Evakuasi.

Bahkan, disela sela kunjungan Kapolres Lahat ketempat bencana dan posko bantuan kemanusian bersama unsur FKPD Kabupaten Lahat, Irwansyah turut prihatin atas musibah bencana yang ada.

“Musibah yang menimpa masyarakat Desa Gunung Kembang dan Desa Muara Danau, agar masyarakat dapat diberikan kesabaran dan ketabahan. Kami juga mengharapkan kepada seluruh panitia posko bantuan dapat melaksanakan dengan amanah, iklas, jujur, dan penuh tanggungjawab. Jangan ada yang diselewengkan bantuan serta dapat memberikan bantuan kepada warga yang berhak menerimanya,” pesan Kapolres Lahat.

Sampai saat ini, sambung Kapolres Lahat, pihaknya masih menyiagakan pasukan di Desa Gunung Kembang, guna pengamana dan bhakti sosial serta Standby dan siaga untuk menghadapi bencana banjir yang mungkin akan terjadi lagi.

“Anggota kita terjunkan kelokasi guna untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga dilokasi tertimpa bencana. Mengingat keterangan dari BMKG Provinsi Sumsel curah hujan akan terus berlangsung sampai bulan Maret 2020 nanti,” imbuh Irwansyah. (Din)