Kapolres Himbau Sekolahan Sosialisasikan Tertib Lalin

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Lantaran banyaknya pelanggaran Lalulintas yang didominasi para kalangan anak-anak pelajar membuat orang nomor satu krops coklat wilayah hokum Polres Lahat, sedikit gerah.

Oleh sebab itu, Kapolresta Lahat AKBP Roby Karya Adi,Sik mengimbau seluruh sekolah yang ada untuk dapat mendukung Undang-undang Lalulintas dan menyampaikan kepada para siswa agar tertib saat berkendaraan dijalan raya.

“Mengapa ini, kita himbau. Tujuannya, agar para anak-anak yang masih berstatus sekolah (pelajar-red) dapat mematuhi aturan saat berkendaraan dijalan raya,” ungkap Kapolres Lahat AKBP Roby Karya,Sik.

Sebab, menurutnya, dari data yang ada di Polantas Lahat menunjukan jika pelajar adalah pelaku tertinggi prlanggaran dalam Lalulintas. Karenanya, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak khususnya Kepsek yang ada untuk dapat segera mensosialisasikan bahaya pelanggaran lalulintas yang dilakukan.

“Pihak kita sebelumnya telah memberikan sosialisasi kesetiap sekolah namun hanya dalam waktu sesaat saja ditaati. Jika pihak sekolah terus mensosialisasikan diyakini akan mampu meminimalisir pelanggaran yang terjadi dan dapat mengurangi pelanggaran yang terjadi dilapangannya,” himbau pria berpangkat Melati Dua ini, Jum’at (3/11/2017).

Selain itu, adanya kasus pelajar sekolah yang terlibat tawuran beberapa hari lalu juga harus menjadi perhatian bersama. Karena, hal ini bisa terus meluas jika tidak ada peningkatan pengawasan dari sekolah khususnya keluarga.

“Tawuran akan berpotensi menjadu masalah sosial yang besar jika tidak diminimalisir sedini mungkin. Semuanya bertanggung jawab untuk melindungi dan menjaga ketertiban dimasyarakat khususnya lingkungan sekolah,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Disdim Lahat Drs Sutoko,MM melalui Kabid Dikmen Lahat Sukaryo,MM menuturkan, akan segera menindaklanjuti instruksi dari Polresta Lahat untuk segera mensosialisasikan tertib lalulintas bagi pelajar. Disdik juga sangat prihatin atas adanya aksi tawuran yang dilakukan namun kedepan pengawasan akan semakin ditingkatkan.

“Insya Allah, dengan adanya himbauan itu, Diknas Lahat akan memberikan edaran kepada seluruh Kepsek untuk menyampaikan tertib berlalulintas bagi pelajar. Disdik juga tidak ingin mendengar kabar adanya siswa kecelakaan karena melanggar Lalu lintas,” janji Sukaryo. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =