Kapolres OKI : Pemkab Harus Berperan Aktif

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI) AKBP Ade Harianto, SH.,MH, mengharapkan peran serta pemerintah OKI dalam mengatasi permasalahan memberantas senpira di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang.

Karena, menurutnya untuk menumpas pembuatan senpira di Desa Sungai Ceper tak bias hanya berpatokan pada penegak hukum semata, tapi pemerintah juga harus memperhatikan pendapatan warga Sungai Ceper.

“Ini (pembuatan senpira, red) sudah menjadi mata pencarian warga Sungai Ceper, dengan membuat senpira, dijual lalu mereka mendapat uang, jika melihat dari aspek ekonomi tersebut, artinya pemerintah OKI harus mencarikan pencarian yang baru bagi masyarakat Sungai Ceper,” Terang Kapolres OKI Ade Harianto, di Ruang kerjanya, Kamis (16/11/2017).

Dilanjutkannya, Sungai Ceper merupakan salah satu tempat terisolir, komunikasi sulit dikarenakan susahnya jaringan seluler, juga transportasi darat yang tidak memadai sehingga harus melalui jalur sungai.

Ditambahkannya, jadi Pemkab OKI harus memperhatikan keterisoliran dan mata pencarian warga Desa Sungai Ceper, untuk mengatasi pembuatan senpira.

Sementara untuk hasil di hari terakhir Operasi Sapu Jagat yang menyasar Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang OKI, sebuah Desa yang dikenal sebagai Produsen Senpira. Polres OKI mendapati 6 pucuk senpira laras pendek milik masyarakat yang diserahkan melalui Kepala Desa (Kades) setempat, serta mendapatkan dua kerangka senpira, digubuk yang diduga tempat pembuatan senpira. (ata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 10 =