Kapolres OKI Tugaskan Walpri Untuk Paslon Bupati

Kayuagung, jurnalsumatra.com – setelah ditetapkan sebagai pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Ogan Komering Ilir (OKI) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI, Senin (12/2/2018). Masing-masing paslon langsung mendapatkan pengawalan pribadi (walpri) dari Kepolisian Resort (Polres) OKI.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, didampingi kabag Ops Kompol God Parlasro Sinaga S.Ik, dalam kesempatan tersebut langsung menyerahkan pengawal pribadi untuk paslon bupati dan wakil bupat.

“Kami serahkan pengawal kepada setiap paslon, gunanya untuk pengamanan paslon, nantinya mereka akan melaporkan situasi paslon apabila terjadi situasi yang tidak kondusif sehingga diperlukan penambahan,” ungkap Sinaga.

Usai penyerahan walpri, Kapolres OKI AKBP Ade Harianto menjelasakan adapun setiap paslon telah diserahkan empat walpri, guna menjaga keamanan.

“Tiap paslon dikawal empat walpri, tak hanya itu, pengawalan juga diberikan terhadap para Ketua serta Komisioner KPU hingga Panwaslu Kabupaten,” jelas Kapolres usai menyerahkan pengawal.

Empat pengawal ini meliputi dua dari Satuan Lalu lintas (Satlantas) dan dua lainnya untuk pengawalan.

Untuk KPU dan Panwaslu, lanjut Kapolres, akan mendapatkan satu personel untuk masing-masing. “Tugas mereka mengamankan paslon, bukan menjadi sopir pribadi, bukan jadi pesuruh dan lainnya. Jadi mereka diperintahkan untuk mengamankan baik saat kampanye dan dimanapun,” tegas Kapolres.

Selain bertugas pengamanan, para pengawal ini juga sekaligus menjadi LO Polri di lapangan. Jadi, tambahnya, mereka (walpri) akan melaporkan dan kami akan mendorong anggota dari Mapolres untuk pengamanan.

“Mereka ini sudah melalui berbagai tahapan seleksi mulai dari psikotes, beladiri, hingga menembak. Serta dalam bertugas, mereka juga dibekali kode etik, yang mana jika dilanggar bisa langsung diganti,” paparnya.

Untuk diketahui, KPU OKI telah menetapkan paslon bupati dan wakil bupati yang akan menjadi peserta Pilkada OKI 2018 ini, diantaranya yaitu pasangan H Iskandar SE – H M Djakfar Shodiq (ISO), Abdiyanto SH MH – Made Indrawan (ADE), serta Azhari Effendy SH – Qomarus Zaman (Aqor). (ata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − six =