Kapuas Hulu Rakor Lintas Sektoral Terkait Pilkada

    Putussibau, Kalbar, jurnalsumatra.com – Jajaran Kepolisian Kapuas Hulu Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Pemilukada tahun 2018 di wilayah setempat.
“Rapat koordinasi lintas sektoral itu sangat penting, apalagi suhu politik selalu meningkat sehingga kegiatan pengamanan juga harus siap menghadapi gejolak yang timbul,” kata Nasir saat menghadiri Rakor Lintas Sektoral kesiapan Pilkada di Aula Polres Kapuas Hulu, di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu.
Ia menjelaskan untuk menghadapi Pemilu banyak faktor yang harus disiapkan salah satunya keamanan dan ketertiban, karena suasana aman dan kondusif perlu diciptakan.
Menurut dia, pemerintah daerah bertanggungjawab penuh untuk mensukseskan Pemilu, namun kewenangan penyelenggaraannya ada pada KPU.
“Pemda hanya memfasilitasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya Pemilu,” jelas Nasir.

    Dikatakan Nasir, dalam pelaksanaan Pemilu, Kapuas Hulu mengemban cukup berat, karena Kapuas Hulu sangat luas salah satu contoh yaitu daerah Hulu Kapuas, Kecamatan Putussibau Selatan.
Selain itu, Nasir juga menekankan kecanggihan teknologi saat ini salah satu yang harus menjadi perhatian serius.
“Media sosial sangat rentan dan begitu cepat menyebar dan menjelang Pilkada itu sangat berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban,” kata Nasir.
Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riayadi mengatakan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada perlu kerja sama semua pihak agar tetap menjaga situasi kondusif.
“Potensi konflik akhir – akhir ini yang terjadi harus segera diselesaikan agar tidak berdampak dan menghambat pelaksanaan Pemilu mendatang,” kata Imam.
Untuk itu dirinya mengimbau agar semua pihak tetap menjaga keamanan dan ketertiban dan mengedepankan rasa kekeluargaan agar tidak mudah diprovokasi oleh kelompok – kelompok tertentu.
“Alhamdulillah hingga saat ini Kapuas Hulu masih kondusif, itu yang harus tetap kita jaga,” pinta Imam.(anjas)

Leave a Reply