Karnaval HUT RI Lumpuhkan Lalu lintas

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Ribuan peserta memeriahkan pelaksanaan karnaval dan baris berbaris dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-73 tahun, pada Selasa (14/8/2018) kemarin, lumpuhkan semua pengendara.

Akibat dari kegiatan tersebut, tak pelak semua mobil menjadi macet total, setelah pelepasan karnaval yang ada. Yang diikuti kalangan pelajar, umum, yang dihadiri Plt Sekda Lahat, H Syamsul Kusirin.

Panitia pelaksana, H Cholmin Haryadi Mpd mengatakan bahwa sedikitnya ribuan peserta mulia dari pelajar dan umum mengikuti baris berbaris dan karnaval dalam rangka HUT RI ke 73 tahun.

“Memang tahun ini sengaja pelaksanaannya digabung tidak seperti tahun lalu. Dimana acara ini kita jadikan satu. baik itu baris berbaris HUT Pramuka, baris berbaris HUT kemerdekaan serta pelaksanaan karnaval,namun karnaval tahun ini tidak ada mobil hias,” terang, Sekretaris Diknas Lahat yang merupakan Panitia acara karnaval saat dibincangi dilokasi.

Ia menjelaskan, selain kegiatan itu juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan drumband baik tingkat SD maupun SMP di Kabupaten Lahat.

“Ada juga drumband dari berbagai sekolah di Kabupaten Lahat. Sehingga menjadikan kegiatan ini semakin meriah,”ucapnya.

Untuk rute, kata H Cholmin, dimulai dari Gedung Kesenian Lahat. kemudian menuju Talang Jawa, kawasan Al Mutaqin Lahat, jalan Mayor Rulan, melintasi pangung kehormatan di depan stasiun serta finis di Pasar Kangkungan Lahat.

Sementara, Plt Sekda Lahat, H Syamsul Kusirin menyampaikan, kegiatan karnaval tersebut menunjukkan keberagaman budaya, serta nasionalisme dalam memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke-73.

“Karnaval ini menunjukkan Nasionalisme akan arti HUT Kemerdekaan RI, dan sangat senang melihat antusiasme masyarakat beramai-ramai ikut memeriahkannya walaupun dibawah terik matahari, ” ungkap Sekda. (Din)

Leave a Reply