Kasus COVID-19 Di OKUTimur Bertambah

OKUTimur, Jurnalsumatra.com – Juru bicara gugus tugas pencegahan dan penanggulangan covid-19 kabupaten OKU Timur ,M.Yakubmenyampaikan informasi tebaru bertambahnya kembali kasus terkonfirmasi covid-19 berdasarkankan pemeriksaan RT-PCR yang di keluarkan oleh BBLK Palembang atas nama kasus terkonfirmasi :
 Ny. SU, Umur 35 tahun, jenis kelamin perempuan, Ny. SU  ini merupakan adik ipar dari (IJ)kasus 01.

Terkonfirmasi kasus 06 ini yang juga sebagai staf administrasi rumah sakit charitas Belitang selama ini telah melaksanakan observasi/karantina rumah. Menurut wakil direktur rumah sakit charitas Belitang  dr. Hendarno malam ini juga  pihaknya akan menjemput Ny SU di rumahnya untuk dilakukan isolasi di rumah sakit dan melakukan penyemprotan desinfektan di rumah Ny SU dan sekitarnya, terang Yakub. 

Yakub juga menambahkan bahwa penyakit ini bukan lah aib melainkan siapapun juga bisa bisa terinfeksi oleh virus corona ini mulai dari pejabat negara sampai kalangan masyarakat paling bawah. Dengan demikian kita mengajak mari kita ikuti anjuran pemerintah untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Tetap jangan panik dan waspada disiplin melaksanakan anjuran pemerintah seperti, jangan bersentuhan, jaga jarak, jangan berkerumun, pakai masker,  cuci tangan pakai sabun dan tetap di rumah saja kalau tidak ada kepentingan, himbaunya. 

Seperti kita ketahui sebelumnya sudah ada 5 orang warga OKU Timur yang sudah terpapar virus corona merupakan keluarga IJ yang yang dinyatakan orang tanpa gejala (OTG). Sementara untuk keluarga lain yang tidak serumah dan pernah melakukan kontak dengan IJ, masih menunggu hasil swab nya. Dengan demikian, kasus positif covid 19 di Kabupaten OKU Timur menjadi 6 orang orang, dengan satu korban meninggal atas nama IJ meninggal dunia.

Juru bicara Satgas Covid 19 OKU Timur, M Yakub ketika Palembang membenarkan adanya 6 orang positif covid 19. Bahkan Yakub, tidak menyangkal jika kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah mengingat banyak orang yang melakukan kontak dengan 5 orang keluarga IJ yang dinyatakan positif.

“Dari hasil swab yang kita terima memang 3 orang keluarga yang serumah dengan IJ dinyatakan positif dan bertambah lagi 2 orang yang tidak serumah dengan (IJ) Saat ini kita langsung melakukan evakuasi terhadap kelima orang yang dinyatakan positif ini untuk dilakukan perawatan di RSUD OKU Timur untuk dilakukan isolasi,” ujar Yakub.

Sejauh ini lanjut Yakub, pihaknya terus melakukan tracking terhadap warga yang yang pernah melakukan kontak dengan 5 orang ini. Bahkan diakui Yakub, bukan tidak mungkin jumlah pasien positif ini akan bertambah.

“Setelah IJ dinyatakan positif, petugas langsung melakukan tracking. Bisa saja jumlahnya bisa bertambah mengingat pasien OTG ini sering melakukan aktivitas diluar rumah,”pungkasnya.(iwn)