Kebakaran Kantor PLN Kupang Akibat Arus Pendek

   Kupang, jurnalsumatra.com – General Manager PT Perusahaan Listrik Negara Area Kupang, Elpis Sinambela mengatakan bahwa kebakaran yang menimpa kantornya diduga akibat hubungan arus pendek di mesin pendingin (AC) yang berada di ruangan alat tulis kantor.
“Kebakaran bukan terjadi di ruangan arsip seperti yang diberitakan. Tetapi terjadi di ruangan ATK namun bisa dipadamakan,” katanya saat dikonfirmasi Antara terkait penyebab kebakaran di kantor PLN Area Kupang di Kupang, Jumat.
Sebelumnya diberitakan pada Kamis pukul 19.20 Wita, asap melahap ruangan ATK kantor PLN Area Kupang yang menyebabkan sejumlah pekerja yang lagi piket berhamburan keluar ruangan.
Api tersebut menyambar sejumlah plafon serta karpet di ruangan tersebut namun tak menimbulkan korban jiwa akibat kesigapan petugas PLN serta petugas pemadam kebakaran yang menurunkan tiga unit mobil pemadamnya serta dua mobil penyuplai air.
Elpis menambahkan beruntung satpam di kantor tersebut sigap sehingga api tak langsung menjalar ke ruangan yang lainnya.

    “Kami bersyukur karena tidak tidak cepat menjalar apinya. Bantuan dari pihak pemadam juga membuat kantor ini tak jadi terbakar,” tuturnya.
Iapun menambahkan tak banyak kerugian yang diderita oleh PLN Area Kupang, karena hanya ada beberapa ATK di gudang itu saja yang terbakar.
Sementara itu Wakil Komandan Regu Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, John Kalle mengatakan bahwa proses pemadaman kantor PLN tersebut dilakukan hanya dalam kurun waktu setengah jam.
“Kita bersyukur karena ada bantuan dari Satpam dan warga sekitar sehingga saat proses pemadaman tidak butuh waktu yang lama,” tambahnya.
Selama November 2017 telah terjadi dua kali kebakaran. Yang pertama adalah kebakaran gudang mebel di Kelurahan Alak yang diperkirakan kerugiannya mencapai miliaran rupiah, Kemudian yang terakhir adalah kebakaran di ruangan PLN.(anjas)

Leave a Reply