Kebakaran Lahan PTLKK Ganggu Aktivitas Warga

Pali, Sumsel, jurnalsumatra.com – Kebakaran lahan gambut milik perkebunan kelapa sawit milik PT Laras Karya Kahuripan (LKK) yang terletak di Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali terbakar pada Sabtu sore (29/9/2018). Kobaran api dan kepulan asap pekat masih menyelimuti wilayah sekitar lokasi kebakaran dan mengganggu aktivitas warga setempat.

Dari informasi yang di peroleh GLOBALPLANET.news saat ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten PALI, Perusahaan dan anggota TNI masih berupaya memutus jalur api agar kobaran api tidak meluas.

“Saat ini masih dilakukan pemadaman dan memutus jalur api, sudah belasan hektar, sedikitnya 15 hektar lahan yang telah terbakar. Karena lahan ini gambut, api sulit dikendalikan.” jelas Koptu Mulyadi Babinsa tempirai kecamatan Penukal Utara yang saat ini masih berada di lapangan untuk memantau kebakaran tersebut, Sabtu (29/9/2018)

Sementara, kepala BPBD kabupaten PALI, Junaidi Anwar menjelaskan bahwa saat ini pihaknya bersama dengan pihak perusahaan dan TNI, kesulitan memadamkan api lantaran lokasi kebakaran dengan sumber air jaraknya jauh.

“Ada 2 mobil pemadam dan 13 mesin air kita turunkan, namun karena lokasi kebakaran jaraknya jauh dari sumber air, menjadi kendala kita untuk memadamkan api. Selain terus memadamkan api yang terus menjalar, kita juga berusaha memutus jalur api agar tidak meluas.” pungkasnya

Sampai berita ini diturunkan pemadaman api di lahan gambut pt LKK masih terus di upayakan, dan tidak ada korban jiwa.(aba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 18 =