Kebutuhan Hewan Kurban Bengkalis Capai 1.659 Sapi

    Bengkalis, jurnalsumatra.com – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau memperkirakan kebutuhan hewan kurban mencapai 1.659 ekor sapi, 714 kambing dan enam kerbau untuk Hari Raya Idul Adha 2018.
“Kebutuhan hewan kurban tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, total 2.376 ekor dari data yang terpantau, diantaranya 1.659 sapi, 714 kambing dan enam kerbau,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPP Bengkalis Amri Noer, Selasa.
Dikatakannya,  hewan kurban tersebut didatangkan dari Kabupaten Bengkalis yang tersebar di sejumlah kecamatan, Kabupaten tetangga dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
“Untuk pulau Bengkalis dan Kecamatan Siak Kecil Bukit Batu didatangkan Kabupaten setempat dan Kabupaten Kampar jenis sapi Bali, sementara untuk wilayah Kecamatan Duri dan sekitarnya dari Kisaran Kabupaten Asahan Sumut, ” jelasnya lagi.

     Untuk pengawasan kata Amri, tiga hari sebelum pelaksanaan kurban petugas yang ada disetiap kecamatan melakukan pengecekan terhadap hewan yang didatangkan dari luar daerah.
“Petugas kita biasanya sudah memahami hewan kurban tersebut,  baik dari segi umur maupun ketentuan lainnya dan setelah itu di beri tanda label bahwa hewan tersebut dinyatakan sehat,” ungkap Amri.
Dijelaskannya, untuk pengawasan terhadap berbagai macam penyakit,  petugas akan memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari pedagang yang membawa hewan dari luar daerah.
“Biasanya SKKH diterbitkan oleh karantina  dari daerah asal hewan  tersebut di datangkan, apa bila tidak ada surat tersebut maka petugas tidak memperbolehkan hewan tersebut di pasarkan,” kata Amri Noer.(anjas)

Leave a Reply