Kejagung Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Dari Kemenkeu

      Jakarta, jurnalsumatra.com – Kejaksaan Agung mendapatkan penghargaan peringkat kedua atas kinerja pelaksanaan Anggaran Terbaik Kategori Pagu Sedang Tahun Anggaran 2017 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
“Kejagung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat kedua atas kinerja pelaksanaan anggaran terbaik kategori pagu sedang,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung M. Rum di Jakarta, Senin pagi.
Ia menjelaskan kategori pagu sedang itu dengan nilai Rp2,5 triliun sampai Rp10 triliun.
Selain Kejagung, Badan Pemeriksa Keuangan dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mendapatkan penghargaan serupa.
Untuk kategori pagu kecil Rp2,5 triliun yang mendapatkan penghargaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Lembaga Administrasi Negara, dan Badan Standarisasi Nasional.
Kategori pagu besar Rp10 triliun, yakni Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Negara Republik Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, dan Kementerian Sosial.

      Sebelumnya, Kejagung juga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan Tahun 2016.
Kejaksaan Agung juga mendapatkan peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi dari 60,53 pada 2015 menjadi 64,75 pada 2016 versi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.
Kejagung juga mendapatkan predikat B dalam hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada 2016. Khususnya Indeks Reformasi Birokrasi itu terdiri atas beberapa komponen, antara lain kapasitas dan akuntabilis kinerja organisasi yang pada 2016 mendapat poin 11,77 dengan bobot idealnya sesuai aturan mencapai 14,00. Pemerintah yang bersih dan bebas KKN mendapatkan 7,95 melebihi batas ketentuan dengan bobot poin 7,00 padahal pada 2015 hanya 7,49, kemudian kualitas pelayanan KKN mencapai 7,65 dengan batas aturan 7.00.
Penataan sistem manajemen SDM mencapai poin 12.30 dari batas ketentuan 15,00, dan peningkatan kualitas pelayanan publik 3,49 dari batas 6,00.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 1 =