Kejaksaan Biak Gencar Sosialisasikan Jaksa Pengacara Negara

     Biak, jurnalsumatra.com – Kejaksaan Negeri Biak Numfor, Papua menyosialisasikan peran lain jaksa sebagai pengacara negara yang memiliki kewenangan mewakili pemerintah dalam bidang perdata dan tata usaha negara.
“Kejaksaan tidak hanya bertindak dalam penyelamatan dan pengamanan aset negara, tapi juga berperan sebagaai asisten perdata dan tata usaha negara kepada lembaga pemerintah yang membutuhkan,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Biak Sigid Januari Pribadi saat sosialisasi jaksa pengacara negara di gedung Sarana Krida di Biak, Rabu.
Sigid Pribadi mengatakan pengetahuan sebagai jaksa penuntut umum sudah dipahami masyarakat, namun sebagai pengacara negara harus disoalisasikan lagi.
Sigid mengakui adanya pemberian bantuan hukum dari kejaksaan menjadi sebuah informasi segar bagi para aparatur pemerintah dalam melaksanakan kinerja secara baik dan benar.
“Resiko bersentunhan dengan hukum dilakukan aparat pemerintah sangat besar mengingat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.” ujarnya.
Sigid mengakui bantuan jaksa pengacara negara diberikan kepada lembaga negara atau instansi pemerintah, jika mengalami permasalahan hukum, pembuatan peraturan perundangan, pembuatan kontrak, pencabutan perizinan, dan lain sebagainya.

“Hal itu sejalan dengan Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor: 040/A/J.A/12/2010 mengenai pelayanan Hukum. Mengatur tugas Jaksa Pengacara Negara (JPN) untuk memberikan penjelasan tentang masalah hukum perdata dan tata usaha negara,” ungkapnya.
Dia menyebut cara menggunakan jaksa ialah dengan membuat surat kuasa khusus, sehingga akan ada pola litigasi yakni dalam pengadilan maupun pola nonlitigasi yakni diluar pengadilan.
“Untuk litigasi diluar pengadilan atau peran JPN dalam mengatur persoalan hukum belum banyak diketahui oleh lembaga atau instansi pemerintah,” katanya.
Pertimbangan hukum dapat dilakukan jaksa, menurutnya, untuk pendapat hukum yang dihadapi beberapa pemerintah daerah menyangkut pengadaan, pelelangan, maupun pembebasan lahan. Dengan harapan dikemudian hari tidak terjadi masalah.
Penjabat Sementara Bupati Biak Besem Gombo mengakui peran dari jaksa pengacara negara sangat membantu aparatur Pemkab Biak Numfor dalam menjalankan tugas pelayanan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Biak Numfor.
“Saya harapkan para pimpinan dinas harus mengikuti sosialisasi ini sebab Kabupaten Biak Numfor karena penting dalam menunjang tugas,” katanya.(anjas)

Leave a Reply