Kejari Tangkap Pelaku Terpidana Money Politik


Lahat, jurnalsumatra.com Syahril Efendi yang merupakan terpidana kasus money politik (Politik Uang red) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lahat 27 Juni 2018 lalu, akhirnya, tak bisa berkutik lagi.

Terdakwa yang sempat buron beberapa bulan ini, ditangkap oleh Tim Intelijen Kejari Lahat, dibawah Pimpinan langsung Kasi Intelijen Kejari Bani Imanuel Ginting, SH didampingi Kasi Pidum, Variska dan anggota Kejari Lahat.

Syahril Efendi diamankan dikediamannya sekitar pukul 16.00 WIB, berkat informasi petugas Intel Kejari di lapangan dan segera melakukan eksekusi terhadap terdakwa dikediamannya.

Sebelumnya, Syahril dinyatakan terbukti dan bersalah secara meyakinkan Majelis sidang di Pengadilan Negeri (PN) Lahat, karena telah membagikan sejumlah uang kepada warga dan meminta agar warga memilih salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bupati Lahat.

Setelah menjalani proses sidang, Majelis Hakim Lahat menjatuhkan hukuman terhadap Syahril sendiri dengan penjara selama 36 bulan. Lalu, pasca putusan PN Lahat, Syahril melalui kuasa hukumnya mengajukan Banding.

Dari keputusan Banding yang diajukan oleh kuasa hukum terdakwa, akhirnya, Syahril tetap dinyatakan bersalah dan dijatuhkan hukuman selama 3 tahun kurungan penjara.

Setelah menerima salinan incrach (Vonis Sidang) dari PT Sumsel, Seksi Pidana Umum bersama pihak Intelegen serta pihak terkait lainnnya Iangsung melakukan pemanggilan terhadap terdakwa Syahril. Sayangnya, setelah dilakukan beberapa kall pemanggilan terdakwa tidak memenuhi panggilan.

“Nah, sudah beberapa kali dilayangkan surat panggilan terdakwa tak mengindahkan. Sehingga, tim Intel Kejari Lahat melakukan penyelidikan terhadap keberadaan terdakwa sendiri,” kata Kajari Lahat, jaka Suprana, SH, MH melalul Kasi Intelejen, Bani Imanuel Ginting, SH didampingi Kasi Pidum, Variska Kodriansyah, SH, MH, Rabu (6/2/2019), kemarin.

Terus terang diakui Bany, awalnya sempat kewalahan untuk mencari keberadaan terdakwa. Lalu, Tim Intel Kejari Lahat mendapat informasi bahwa terdakwa ada dirumah kediamannya.

“Berkat informasi ini, kita pun tidak harus menunggu lagi dan langsung melakukan pengerbekan dilapangan alhasil terdakwa berhasil kita ringkus sekitar pukul 16.00 WIB. Proses pengamanan Syahril pun berlangsung lancar dan tidak ada kendala. Terdakwa akan kita jebloskan ke LP Klas II A Lahat,” pungkas Bany. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =