Kejuaraan Asia Diharapkan Jadi Persiapan Asian Games

   Jakarta, jurnalsumatra.com – Kejuaraan Asia Senam Artistik Junior di Istora Senayan, Jakarta, Rabu yang dibuka oleh Menpora Imam Nahrawi diharapkan menjadi ajang persiapan bagi Persani untuk menghadapi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September.
“Selamat kepada Persani yang dipercaya sebagai tuan rumah kejuaraan ini. Kejuaraan ini juga menjadi juga dijadikan uji coba Asian Games 2018 meski nantinya tidak di sini (Istora). Yang terpenting adalah bagaimana manajemen penyelenggaraa yang baik,” kata Menpora Imam Nahrawi di sela pembukaan kejuaraan.
Pada pembukaan kejuaraan yang baru pertama kali di Indonesia juga dihadiri oleh Ketua INASGOC Erick Thohir, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana, Ketua Persani Ilya Avianti, Sekjen Asian Gymnastic Union (AGU), Mohamad Saed dan Manajer Teknik AGU Abis Saoud.
Pembukaan sendiri ditandai dengan pemukulan kendang yang dilakukan oleh para petinggi yang diundang. Selain itu, pada pembukaan juga dihadirkan kesenian asli Indonesia yaitu tarian daerah.
Menpora menilai dengan ditunjuknya Indonesia menjadi tuan rumah jelas akan mendapatkan nilai tersendiri karena bisa dijadikan persiapan atlet maupun panitia untuk mempersiapkan dengan baik sekaligus evaluasi kekurangan jelas Asian Games 2018.

    “Selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta. Sampaikan bila ada hal-hal yang kurang agar nanti dapat diambil langkah-langkah perbaikan oleh Persani, panitia maupun pemerintah,” kata menpora, menambahkan.
Dengan adanya kejuaraan Asia ini, menpora berharap bisa meningkatkan gaung pelaksanaan Asian Games yang waktunya sudah tidak lama lagi terutama untuk cabang olahraga senam. Pihaknya berharap senam menjadi cabang olahraga yang memiliki daya tarik.
“Hari demi hari promosi kita gencarkan. Hari ini saya pakai batik Asian Games dan saya akan terus pakai atribut-atribut Asian Games. Setelah Asian Games saya akan ganti memakai atribut Asian Para Games. Dengan demikian gegap gempitanya Asian Games dan Asian Para Games dapat dirasakan dalam denyut nadi masyarakat Indonesia, Asia, dan dunia,” tutur pria asal Bangkalan Madura itu.
Kejuaraan senam dengan tajuk 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championships (JAGAC) 2018 di Jakarta, 25-28 April ini akan bergulir 25-28 diikuti oleh 20 negara yang di antaranya Indonesia, Bangladesh, Tiongkok, India, Iran, Irak, Jepang, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Mongolia, Filipina, Qatar, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Thailand, Taiwan, Uzbekistan, dan Vietnam.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 10 =